Zakat Anda Berdayakan Petani Kutai Timur

Saat zakat kita tunaikan kekuatan hati akan hadir dalam jiwa. Pada saat yang sama, geliat pemberdayaan menuju kemandirian juga semakin menguat di tengah-tengah umat. Seperti yang kini dirasakan Usman dan lima orang temannya di Kutai Timur.

“Di sini kendala adalah air, sehingga kami masih sangat bergantung kepada cuaca,” jelas Usman, penerima manfaat dari program pertanian BMH Kalimantan Timur.

Dan, betapa bahagianya Usman bersama lima orang karibnya, kala program BMH dijalankan yang akhirnya pada suatu siang mereka menyaksikan pancaran air yang keluar secara otomatis dari alat-alat penyemprot air yang berdiri hampir di seluruh sisi lahan pertanian mereka.

“Alhamdulillah, dapat airnya,” ucap Usman spontan di pinggiran lahan pertaniannya seluas 1 hektar itu.

Alat bantuan dari BMH untuk bertani sangat membantu mereka dalam bercocok tanam. Menurut Usman, modal dana untuk pertanian yang diberikan BMH Kaltim selain dibelikan pupuk, bibit dan obat-obatan, ia juga membeli peralatan berupa penyemprot air lengkap dengan pipa dan mesin pompa air.

“Alhamdulillah, dengan bantuan modal usaha, kami dapat membeli alat yang memudahkan kami dalam bertani. Kami tidak perlu lagi mengangkat air dan menyirami dengan selang, tapi cukup menyalakan mesin pompa air, seluruh lahan pertanian kami basah tersiram air”, kata Usman dengan gembira.

Kepala Program dan Pendayagunaan BMH Kaltim Muhammad Rofiq menjelaskan bahwa program untuk petani di Desa Sukarahmat, Kutai timur, Kaltim ini, merupakan salahsatu dari program pemberdayaan ekonomi cluster pertanian yang digagas BMH Kaltim pada tahun 2019.

“Insya Allah, kami menargetkan akan mengoptimalkan lahan pertanian yang belum tergarap seluas 10 hektar yang tersebar di Kaltim untuk pertanian sayur mayur, bawang, perkebunan buah dan gaharu. Diharapkan program ini dapat memberdayakan puluhan petani. Alhamdulillah hingga saat ini sudah 4 hektar yang termanfaatkan,” tutur Rofiq.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *