Warga Pesisir Korban Tsunami Butuh Perahu

Setelah pemulihan dan pembersihan puing reruntuhan bangunan akibat tsunami, masih ada pemandangan yang tidak biasa di pinggiran pesisir. Masyarakat Kampung Sumur Pandeglang Banten butuh bantuan segera untuk segera berdaya.

“Lebih dari 20 perahu nelayan berserakan di pinggir pantai. Ada yang hancur total ada yang sebagian butuh perbaikan. Masyarakat sangat butuh perahu agar bisa kembali menekuni pencaharian mereka, melaut, menghidupi keluarga,” terang Kepala BMH Perwakilan Banten, Imam Rusli.

Sejak kejadian, sampai saat ini, para warga pesisir sudah tidak bisa menekuni mata pencaharian mereka. Namun kini, harapan mereka bisa melaut lagi cukup tinggi. “Jika ada perahu dan alat tangkap ikan yang memadai, kami ingin segera melaut,” tutur seorang warga.

Demikianlah situasi dan kondis di lapangan. Sekalipun sampai saat ini, BMH masih terus bekerja keras melakukan pendampingan pasca tsunami untuk memulihkan salah satu perekonomian mereka dengan menginisiasi program “Masyarakat Pesisir Butuh Perahu.”

“Program ini kami maksudkan untuk bisa memberikan bantuan perbaikan perahu nelayan yang rusak di Kampung Sumur, Pandeglang Banten,” imbuh Rusli.

“Biaya perbaikan tersebut tidaklah sedikit. Untuk itu kami mengajak kembali seluruh pihak, bersama bahu membahu memulihkan perekonomian masyarakat pesisir kembali seperti semula. Dengan uluran tangan para sahabat donatur, Insya Allah harapan mereka akan menjadi nyata,” pungkas Rusli.*/Herim

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *