Upgrading Dai se Kalimantan Utara

BMH bersama Dewan Murobbi Wilayah (DMW) Hidayatullah Kaltara menggelar kegiatan upgrading dai tangguh yang diikuti oleh dai dari berbagai daerah di Kalimantan Utara.

Kegiatan ini digelar di kompleks Pesantren Hidayatullah Bulungan, Kalimantan Utara selama dua hari (16-17 Oktober 2021), dikuti oleh dai yang berada di Kabupaten/Kota di Kalimantan Utara, sedangkan Pemateri didatangkan dari Jakarta.

Kegiatan ini sinergi dengan Dewan Murobbi Wilayah. Ketua DMW Hidayatullah Kaltara Ustadz Jamiruddin S.PdI mengatakan, salah satu tujuan kegiatan ini guna memperkokoh ketahanan masyarakat dan bangsa Indonesia dari aspek moral dan kepribadian.

“Memberi pembekalan dan meng-upgrade wawasan keilmuan, khususnya ulumuddin (ilmu agama), kepada para murabbi yang akan membina anggota pembinaan di seluruh wilayah di Kaltara,” ujar Ustadz Jamiruddin saat acara pembukaan, (16/10).

“Alhamdulillah hari ini dapat menggelar Upgrading untuk dai sebagai upaya meningkatkan kapasitas dai dalam dakwah untuk generasi yang islami, selain itu agar dapat lebih luwes dan luas wawasannya di dalam berdakwah,” terang Kadiv Program dan Pemberdayaan BMH Perwakilan Kaltara, M. Nor Komara.

Materi-materi yang diberikan adalah menejemen pembinaan umat, pendalaman metode membaca kitab, serta pendalaman materi Alquran dan Hadits.

“Tujuan akhirnya bisa meningkatkan pengelolaan pembinaan umat dan masyarakat, meningkatkan kompetensinya (dai), baik dalam bidang-bidang agama maupun kemasyarakatan,” tambah Komara.

Naseruddin, peserta asal Tarakan, mengaku mendapatkan banyak tambahan bekal dalam berdakwah di daerah nanti. Dengan pelatihan ini, dia berharap semakin eksis berjuang.

“Agenda ini sangat luar biasa membuka wawasan kami untuk lebih baik dalam menata diri mulai niat hingga kemampuan, sehingga dakwah dapat terus berjalan dengan baik,” ujarnya.*/Herim

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *