Tim BMH-SAR Hidayatullah Bantu Korban Terdampak Banjir Makassar

Sungai perbatasan Maros – Makassar di Kecamatan Tamalanrea dan Biringkanaya tidak mampu menampung debit air yang meningkat karena hujan, sehingga mengakibatkan terjadinya musibah banjir.  Hujan lebat  dalam dua hari ini membuat rumah warga terendam air dan memaksa sebagian warga mengungsi ke sanak familii atau masjid sekitar.

Merespon kondisi tersebut, sejak Selasa  (22/01) Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH) telah mendirikan beberapa posko guna membantu para pengungsi.

“Alhamdulillah, BMH telah hadir dan mendirikan posko bantuan, seperti di Blok M dan Blok AB di Tamalanrea. Sejauh ini BMH berusaha memenuhi kebutuhan logistik dengan menyebar nasi bungkus, mie instan, beras, dan air mineral, serta pakaian layak,” terang Kepala BMH Perwakilan Sulawesi Selatan Kadir.

Sedangkan untuk membantu evakuasi, BMH bergerak bersama Tim Search And Resceu (SAR) Hidayatullah.

“Tim evakuasi BMH-SAR Hidayatullah bertugas membantu warga yang akan mengungsi dan memantau kondisi di lapangan. Sebanyak 50 orang disiagakan di beberapa titik untuk membantu,” imbuh Kadir.

Sampai saat ini kondisi masih perlu kewaspadaan. Koordinator lapangan SAR Hidayatullah, Abu Baim  mengatakan siang ini (23/01) air di beberapa titik cenderung naik

“Mungkin ini diakibatkan hujan yang masih berlangsung dan air kiriman dari wilayah pegunungan,” ucapnya.

Edy Uwais salah seorang korban banjir mengatakan sejak semalam air masuk kerumahnya, bukannya semakin surut hingga dini hari ketingian sudah mencapai setinggi pingang orang dewasa.

Kondisi di salah satu titik banjir di Maros Sulsel

“Alhamdulillah saat ini kami dan keluarga sudah mengungsi di Blok M Tamalanrea, prosesnya di bantu oleh tim SAR Hidayatullah,” tutur seorang warga perum NHP Blok C Biringkanaya.

Ketua Laznas BMH, Kadir berharap musibah banjir yang melanda beberapa wilayah Sulawesi dapat segera diatasi dengan selalu waspada.

“Kita berharap musibah ini dapat segera kita atasi bersama. Jadi mari bantu saudara kita yang terdampak banjir cukup luas ini agar mereka dapat tetap tegar dan sabar menghadapi musibah ini,” pungkas Kadir.*/Bas

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *