Sumur Bor untuk Masyarakat Pedalaman Berikan Solusi Air Bersih

Air menjadi kebutuhan mendasar bagi umat manusia. Tak terkecuali bagi masyarakat yang tinggal di pedalaman dan pinggiran kota. Keterbatasan air terkadang menjadi hambatan bagi masyarakat dalam beraktivitas.

Melalui program sumur bor, BMH Kaltim melakukan pengeboran dan pengadaan instalasi air bersih di beberapa lokasi di Kaltim khususnya di pedalaman, pinggiran kota dan pesantren.

Menurut Kepala Divisi Program dan Pemberdayaan BMH Kaltim, Rofiq, hingga saat ini tercatat 3 titik lokasi yang menjadi prioritas.

“Program ini dilakukan secara bertahap, dan kami utamakan ke wilayah pedalaman. Saat ini yang menjadi prioritas yakni di daerah Mahakam Ulu, Kutai Barat dan Kutai Timur”, kata Rofiq.

Ia menambahkan, proses pengeboran di pedalaman sudah mulai, yakni di lokasi pembangunan Pesantren Muallaf di Desa Ujoh Bilang, Long Melaham, Kabupaten Mahulu.

Namun demikian, kendala yang dihadapi untuk mewujudkan program sumur bor di Mahakam Ulu karena keterbatasan jasa pengeboran yang menggunakan alat bor mesin dengan kapasitas besar, sehingga untuk tahap awal yang dilakukan dengan menggunakan jasa pengeboran manual tangan yang merupakan satu-satunya jasa pengeboran di kabupaten tersebut.

“Salahsatu lokasi yang kami bor tahap awal ini harus menggunakan alat manual dulu, karena untuk alat yang lebih besar kami harus mendatangkan mesin dari luar Mahulu seperti Samarinda atau Kutai Barat. Itupun kami harus nunggu antrian karena jasa pengeboran sumur di daerah asal banyak yang membutuhkan,” tutur Rofiq.

Usaha tahap awal dengan menggunakan alat manual memberikan hasil yang menggembirakan, hal itu dibuktikan dengan pengeboran sedalam 20 meter telah ditemukan sumber air yang cukup baik.

“Alhamdulillah, titik lokasi yang ditetapkan memang rendah dan sedikit berair, sumber airnya sudah ditemukan dan mengalir dengan jernih. Semoga jika nanti dilakukan dengan alat mesin bisa lebih dalam dan hasilnya bisa lebih baik dari yang sekarang,” kata Ustadz Taufiq, DaI Tangguh BMH yang membina masyarakat pedalaman di Mahakam Ulu.*/Herim

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *