Sinergi LAZ untuk Perubahan

Manajer Program dan Pemberdayaan BMH DKI Jakarta, Zainal Abidin bersama Aa Gym

BMH sebagai Laznas juga eksis di dalam keberadaan Forum Zakat yang pada momentum tahun ini menggelar Halalbihalal dengan menghadirkan Aa Gym sebagai nara sumber.

Dalam acara yang berlangsung di Gedung Al-Hajj Ponpes Darut Tauhid Bandung itu, Aa Gym memberikan nasihat agar para amil senantiasa berupaya menjadi pribadi yang kuat tauhidnya sehingga mampu menjalankan amanah umat dengan sebaik-baiknya.

“Syarat utama pengelola LAZ (Lembaga Amil Zakat) itu adalah yang ilmu tauhidnya paling kuat, paling waro’. Tidak hanya kata-katanya. Tapi juga hatinya.

Kalau tidak dengan tauhid. Mencari dana itu bisa lupa sama Allah. Semakin banyak dana yg terhimpun semestinya semakin tegang. Semakin kuatir. Hisabnya semakin banyak. Ini serius. Di Akhirat nanti hisabnya amil yang penghimpunannya lebih banyak ya lebih lama. Pasti dituntut di akhirat,” urainya.

Semua LAZ yang tergabung dalam FoZ berkomitmen untuk saling mengisi kekurangan satu sama lain, sehingga tercipta sinergi antar LAZ.

“Hal ini karena disadari bahwa PR besar dalam mensejahterakan mustahiq tidak hanya bisa dikerjakan oleh hanya satu lembaga zakat, karenanya program unggulan yang dimiliki oleh masing-masing lembaga dan telah terbukti sukses dalam aplikasi di lapangan menjadi kesuksesan bersama dalam mengangkat kesejahteraan mustahiq,” ungkap Manajer Program dan Pemberdayaan BMH DKI, Zainal Abidin yang hadir dalam forum tersebut.

“Insya Allah, BMH berkomitmen bahwa penyaluran dana zakat ini harus mampu mengubah mustahiq yang selama ini pasif bisa menjadi produktif. Dimana dana zakat yang disalurkan berdampak pada al-din yakni menjaga agama.

Kemudian pada sisi pendayagunaan yang sifatnya konsumtif BMH meng-create seefektif mungkin sehingga dana zakat ini benar-benar memberi manfaat.kebutuhan konsumtif, misalnya untuk kebutuhan sekolah anak-anak dhuafa. BMH tidak memberikan dalam bentuk dana namun berupa peralatan sekolah. Begitupula dengan pendayagunaan program lainnya di bidang ekonomi, dakwah dan sosial kemanusiaan,” paparnya lebih lanjut.*/Herim

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *