Sigap Bantu Korban Asap di Lima Provinsi

Kebakaran hutan yang melanda Provinsi Riau, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur mendorong BMH ikut serta memberikan layanan bantuan kepada masyarakat terdampak asap.

“Sejauh ini relawan terjun bergelombang, tercatat sudah 10.000 warga mendapatkan bantuan berupa masker dan 1000 orang mendapatkan layanan oksigen portable dari BMH,” terang Direktur Program Laznas BMH Pusat, Firman ZA (23/9).

Laporan relawan di lapangan menyebutkan bahwa di beberapa daerah di Kalimantan Barat, tepatnya di Pontianak kondisi mulai membaik karena ada yang turun hujan. Meski demikian tim tetap siaga mengantipasi dampak lanjutan.

“Kemarin, Jambi dilaporkan yang cukup parah keadaannya,” imbuh Firman.

Masyarakat tentu saja berharap bantuan dan pemadaman kebakaran dapat segera dilakukan. Hal ini ditangkap oleh relawan yang menyalurkan bantuan ke Kelurahan Bukti Tunggal, Kecamatan Jekan Raya, Km. 10 Lingkar Luar Palangka Raya.

“Saat relawan membagikan 1000 masker untuk masyarakat, mereka berharap agar kebakaran hutan dan lahan ini dapat disikapi serius oleh pemerintah, agar masyarakat selamat dan dapat beraktivitas seperti sedia kala,” terang Koordinator Relawan Nasional BMH, Dhiyauddin.

Hal serupa juga disampaikan oleh warga kepada relawan BMH di Jambi, tepatnya dari Desa Puding, Kecamatan Kumpeh Ilir, Muaro Jambi.

“Masyarakat Jambi juga sangat mendesak terhadap tindakan penyelamatan lebih serius. Langit menguning dan kualitas udara sudah sangat membahayakan, masyarakat banyak menderita sesak nafas. Mereka membutuhkan rumah oksigen atau penyediaan oksigen, terutama bagi ibu hamil, anak-anak, dan lansia,” tutur Dhiyauddin.

Direncanakan dalam waktu dekat Laznas BMH akan segera membuka posko rumah oksigen untuk membantu warga dan evakuasi serta pertolongan pertama bagi warga terdampak.*/Herim

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *