Serentak, 1.059 Santri Ikuti Buka Puasa Berkah

Sebanyak 1.059 santri di 20 Pondok Pesantren/Lembaga Kesejahteraan Anak (LKSA) menikmati buka puasa berkah yang diselenggarakan mitra Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH) Perwakilan Sulawesi Selatan.

Mereka adalah santri yang tidak dapat pulang kampung selama pandemi Covid-19 karena berasal dari luar Pulau Sulawesi atau anak-anak yatim piatu dan dhuafa.

Di antara santri yang tidak dapat pulang kampung dan bertahan di pondok pesantren adalah Faizin (12 tahun.

Santri asal Flores-Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut saat ini sedang menempuh pendidikan menjadi seorang penghafal Alquran di Pondok Pesantren Ummul Qurra Maros.

Kisah lain datang dari Luwu Timur, Risma (13 tahun) santri putri yang menanjak remaja itu sudah menjadi yatim sejak balita.

Saat pandemi Covid-19 terjadi ia tidak punya pilihan lain selain bertahan di LKSA Ahlussuffah.

Kisah berbeda-beda hadir dari santri binaan mitra Laznas BMH selama Ramadhan.

Di antara pogram yang ditunggu adalah buka puasa berkah. Selain menyediakan menu istimewa, kebersamaan dan sambung rasa dari para donatur sungguh berkesan dari para santri bawah di tengah pendemi Covid-19 masih banyak orang yang peduli dengan mereka.

Kepala Divisi Markom dan Penghimpunan, Basori Shobiring mengungkapkan terlaksananya program buka puasa berkah yang dilaksanakan oleh Laznas BMH berkat dukungan dari para donatur yang telah mengamanahkan uangnya melalui lembagaya

“Alhamdulillah, walau di tengah pendemi dan PSBB proses penerimaan donasi dapat dilakukan transaksi online. Termasuk penyaluran, lebih simple dan terarah sebab kami telah menjalin kerja sama dengan pengurus panti dan pesantren,” ujarnya.

Adapun program buka puasa berkah tersebut dilaksanakan secara serentak diberbagai tempat.

Seperti di LKSA Ashabul Kahfi Makasar, Ummul Qurra-Maros. Ashabul Jannah –Gowa. Ponpes Yabunayya-Jenoponto. Yayasan Al-A’Raaf – Bulukuma. LKSA Ar-Risalah –Parepare, Yayasan Al Fath-Bone. Panti Darul Mubarok –Pinrang. LKSA Al-Ikhlas-Lutim. LKSA Nur Fajrin-Lutim. LKSA Al Huda-Palopo. LKSA Al Jihad-Luwu. LKSA Al-Hijrah-Lutra. LKSA Ahlus Shuffah – Lutim. Yayasan Al-Alaq-Gowa. LKSA Fathul Mubarok – Wajo. Ponpes Dinul Kamil Al-Muhajirin. Ponpes Hidayatullah -Barru, dan Ponpes Hidayatullah –Sidrap.*/Herim

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *