Semarak Hari Santri dengan Gelaran Pesantren Siaga

Dalam rangka menyambut Hari Santri yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober, Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Baitul Maal Hidayatullah (BMH) kantor gerai Kebumen Adakan Pesantren Siaga, Sabtu (16/10/21).

Acara yang dilaksanakan di komplek Pesantren Hidayatullah Kebumen tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan santri dalam menghadapi segala bentuk bahaya dan bencana.

“Kegiatan ini bertujuan untuk melatih para peserta dalam meningkatkan kesiapsiagaan bencana ataupun potensi bahaya lainnya yang sewaktu-waktu datang menghampiri,” ungkap Muslim, selaku Koordinator BMH Gerai Kebumen.

Dalam pelatihan tersebut para peserta diajarkan tentang manajemen penanggulangan bencana, prosedur penyelamatan air (water rescue) seperti banjir, kecelakaan darat serta penanganan kebakaran.

Antusias para peserta semakin terlihat ketika dilakukan simulasi pemadaman api dan penanganan korban kecelakaan seperti yang diungkapkan salah satu santri Deden Ramadhan.

“Saya senang mengikuti pelatihan ini, jadi paham bagaimana cara menghadapi bencana sejak dini dan harus bagaimana ketika ada bencana terjadi,” terang Deden Ramdhan, salah satu peserta yang berharap suatu saat nanti akan menjadi renantiawan kemanusiaan.*/Herim

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *