Salurkan Masker, Hand Sanitizer dan Sosialisasi Cuci Tangan ke Pedagang Pasar Legi

Dalam rangka penguatan upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19, BMH Surakarta kembali melakukan pembagian masker dan hand sanitizer di area Pasar Legi Surakarta, Jumat (10/4/2020) pagi.

Sasaran pembagian ini yakni tukang becak, tukang parkir dan pedagang pasar serta kuli pangul.

“BMH memandang perlu ini karena anjuran menggunakan masker mulai digalakkan, sementara tingkat terserapnya informasi nampaknya sebatas di kalangan terdidik dan milenial, tidak demikian dengan masyarakat yang sehari-hari di sektor formal. Dalam rangka menyampaikan informasi penting itu, BMH langsung bertemu warga membagikan masker sekaligus menyampaikan informasi yang penting bagi kesehatan mereka, termasuk hand sanitizer yang sangat penting bagi mereka yang sewaktu-waktu memegang banyak hal,” terang Koordinator BMH Surakarta, Sunardi.

Selain anjuran penggunaan masker dan hand sanitizer, relawan BMH bersama TASK Hidayatullah juga mendorong para penerima manfaat untuk sebisa mungkin sering cuci tangan.

“Cuci tangan harus sering dilakukan sebelum makan, dan sebelum menyentuh bagian wajah. Cuci dengan air yang mengalir,” ungkap Koordinator Operasi Lapangan TASK Hidayatullah, Ahmad Hamim.

Para penerima manfaat merasa terbantu dengan aksi BMH ini.

“Mereka merasa sangat senang karena selain diberi masker, hand sanitizer, juga dapat edukasi perihal pentingnya menggunakan keduanya dalam aktivitas sehari-hari. Bahkan cuci tangan pun harus diingatkan, walau sederhana kerapkali ini dilupakan,” tutur Hamim.*/Herim

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *