Salurkan Beras untuk 1369 Santri Penghafal Al-Qur’an

Mendayagunakan dana zakat yang utuh dan berkesinambungan merupakan komitmen yang terus dilaksanakan oleh Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH).

Dalam program pendidikan misalnya, BMH tidak saja memberikan beasiswa, tetapi juga dukungan secara rutin berupa kebutuhan sembako untuk para santri yang belajar di Pesantren Tahfidz Al-Qur’an.

“Manusia hidup memang butuh pendidikan, tetapi konsumsi bahan pokok juga sangat dibutuhkan. Atas hal itu, Alhamdulillah BMH senantiasa hadir memberikan support beras bagi para santri penghafal Al-Qur’an. Kali ini adalah yang keempat,” terang Kadiv Program dan Pemberdayaan BMH Sumut, Irfan Mendrofa (24/9).

Di Wilayah Sumatera Utara terdapat sepuluh pesantren terus disupport oleh BMH, meliputi daerah Langkat, Karo dan Medan.

“Ini merupakan ikhtiar BMH guna dapat membantu kebutuhan logistik 1.369 santri penghafal Al-Qur’an di 10 pesantren di Sumatera Utara yang berkebutuhan beras mencapai 4 ton lebih perbulannya,” rinci Irfan.

Pada kesempatan ini penyaluran langsung dilaksanakan di Kantor Yayasan Pesantren tepatnya di Desa Bandar Labuhan Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang.

Penyaluran beras ini diterima oleh salah satu pengasuh Ustadz Phathunnur. Dikatakannya, program ini telah menjadi penguat berjalannya program belajar mengajar di pesantren.

“Alhamdulilah terima kasih kepada BMH dan Para donaturnya semoga Allah Ta’ala senantiasa memberikan keberkahan untuk kita semua,” ujarnya yang diamini oleh santri.

Beras Petani

Program ini sekalipun tampak sederhana namun berhasil mengjangkau beberapa komunitas yang langsung terberdayakan.

Hal ini karena beras yang disalurkan dibeli dari hasil jerih payah petani lokal.

“Jadi, program ini, BMH turut berupaya untuk mendorong perekonomian ummat. Olehnya beras program ini pun dibelii dari petani atau pedagang Muslim. Sehingga kebermanfaatannya tidak semata kepada para santri tetapi juga petani, pedagang,” jelasnya.*/Herim

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *