Qurban Masuk Desa Siap ke Kampung Baduy

Direktur Komunikasi BMH Pusat Rama Wijaya saat berbincang dengan tokoh masyarakat Kampung Baduy Dalam (25/8)

Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Baitul Maal Hidayatullah (BMH) terus berupaya memberikan layanan terbaik untuk masyarakat pedesaan.

Bukan saja desa yang teramat jauh dari ibukota, desa yang memang terkategori perlu untuk kemudian mendapatkan kebahagiaan di hari raya Idul Adha juga menjadi sasaran.

“Satu yang paling dekat dan menjadi target penyaluran qurban masuk desa BMH adalah warga Kampung Baduy,” tutur Direktur Komunikasi BMH Pusat, Rama Wijaya (25/8).

Untuk tiba ke lokasi, tim BMH memerlukan waktu perjalanan selama 7 jam dengan mobil melalui Bogor Jawa Barat.

“Berangkat jam 8 dari Depok, tiba jam 3 sore di Kampung Baduy Luar,” ujar Arif Rahman, amil BMH yang menjadi tim survey.

Setiba di lokasi di Kawasan Baduy Desa Kanekes,, tim BMH disambut oleh warga Kampung Cijahe Bapak Jaro Asep, tokoh masyarakat Baduy Dalam, Bapak Karmaen dan beberapa pemuda dari kampung Baduy Dalam.

“Sejauh ini untuk qurban ke kampung kami ada saja informasi masuk. Tapi, yang namanya informasi belum bisa dipastikan. Jadi, BMH inilah yang langsung datang dan menyampaikan niatnya untuk qurban di kampung kami,” ucap Asep menerangkan.

Sementara itu, Bapak Karmaen mengaku senang dengan rencana BMH.

“Kami senang, BMH akan berqurban di sini. Kalau bisa BMH bisa berqurban dua ekor sapi di sini, ya,” ucapnya disertai tawa.

“Karena di Baduy Dalam itu ada 62 kampung, jadi kalau 2 ekor sapi kayaknya mencukupi,” imbuhnya.

BMH sendiri berencana akan menyalurkan satu ekor sapi dan 8 ekor kambing.

Dua pemuda Kampung Baduy Dalam mengajak BMH melihat-lihat suasana di Kampung Baduy Luar (25/8)

“Mohon doanya, semoga saja ada tambahan untuk qurban di Kampung Baduy ini,” ucap Rama yang disambut ucapan “Aamiin” oleh Pak Jaro Asep.

Sambutan tokoh masyarakat atau tokoh adat Kampung Baduy Dalam menunjukkan bahwa qurban benar-benar dinantikan.

Dengan kata lain, masyarakat pedesaan selalu berharap dalam hati kecilnya ada kaum Muslimin yang berkenan mengirimkan qurban untuk mereka. Adakah kita yang menjadi perantara Allah untuk senym mereka di hari raya qurban?*/Herim

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *