Qurban Berkah Nusantara di Pedalaman dan Daerah Terdampak Musibah Disambut Syukur Warga

Idul Kurban menjadi momentum emas bagi Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) mempertemukan kepedulian dan kebutuhan masyarakat pedalaman dan daerah terdampak musibah untuk senantiasa sama-sama merasakan keberkahan.

“Alhamdulillah, proses pendistribusian hewan kurban BMH melalui Program Qurban Berkah Nusantara berjalan lancar dan sukses di seluruh titik sasaran, baik yang di pedalaman maupun daerah terdampak musibah,” terang Direktur Program dan Pemberdayaan Laznas BMH Pusat, Zainal Abidin melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (20/8).

Pada Idul Kurban 1440 H (2019 M) BMH telah menyalurkan hewan kurban ke beberapa titik pedalaman di Nusantara, mulai dari Lampung, Bengkulu, Jambi, kemudian NTB, NTT, Papua dan Papua Barat, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Selatan, serta Maluku dan Maluku Utara.

“Adapun daerah terdampak musibah seperti gempa, BMH hadir di Halmahera Selatan, Konawe Utara, Lombok, Bima, Banten, Lampung, dan Palu, Sigi serta Donggala. Ditambah daerah yang mengalami musibah kekeringan seperti Ponorogo, Pamekasan, Probolinggo, Pacitan, hingga Gunung Kidul,” rinci Zainal.

Dari semua titik penyaluran pedalaman dan daerah terdampak musibah tersebut tercatat total 2.721 ekor hewan kurban yang disalurkan.

Penyaluran daging kurban BMH dalam program Qurban Berkah Nusantara di Desa Dowora, Gane Barat, Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara.

“Semua itu menjadi keberkahan sendiri bagi warga pedalaman, mereka sangat bersyukur dan berbahagia. Terutama masyarakat Desa Dowora di Halmahera Selatan yang ternyata pada tahun inilah sepanjang hidup mereka baru merasakan lezatnya daging kurban,” tutur Zainal.

Zainal menambahkan semua itu dapat dijalankan dengan baik oleh BMH tiada lain berkat kepercayaan umat terhadap BMH untuk menyalurkan hewan kurbannya ke daerah-daerah yang membutuhkan.

“Kami sampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap kaum Muslimin yang mengamanahkan hewan kurbannya kepada BMH untuk membahagiakan saudara-saudara kita di pedalaman dan terdampak musibah,” ucapnya.

Zainal menyebutkan, selain di dalam negeri, BMH juga menyalurkan hewan kurban ke luar negeri, tepatnya di dua negara, yakni Rohingya dan Palestina.*/Republika.co.id

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *