Qurban Anda Bahagiakan Masyarakat Pedalaman

Sebagai masyarakat pedalaman, banyak keterbatasan di sana dan di sini. Termasuk kebersamaan dan kebahagiaan di momen Hari Raya Qurban, terlebih kala memang tidak ada hewan qurban yang bisa disembelih.

Oleh karena itu momentum Idul Adha sangat penting bagi kita meluaskan qurban kita sampai ke pedalaman. Di Kalimantan Timur ada yang namanya Mahakam Ulu.

“Ya, Mahakam Ulu atau lebih dikenal dengan Mahulu adalah daerah pedalaman di Kalimantan Timur, yang sebagian wilayahnya berbatasan dengan Malaysia,” terang Kadiv Program dan Pemberdayaan BMH Kaltim, Rofiq.

Menuju wilayah ini harus menempuh perjalanan kurang lebih 2 hari dari Samarinda dengan menggunakan kapal kayu, menyusuri panjangnya sungai Mahakam yang berkelok-kelok dengan arus yang deras.

“Jika melalui darat, pilihannya melewati hutan belantara dan jalan yang rusak berat,” imbuh Rofiq.

Ustadz Taufiq, salahsatu dai tangguh BMH yang membina Muallaf di Kampung Long Melaham, Ujoh Bilang dan sekitarnya, menegaskan, di wilayah itu banyak keterbatasan ekonomi warga untuk berqurban, hewan pun tidak tersedia.

“Jika ada masjid yang menyelenggarakan qurban, harus mendatangkan hewan dari kabupaten terdekat, yaitu Kutai Barat yang diangkut menggunakan kapal kayu 2 hari 1 malam perjalanan,” kisahnya.

Sejak kehadiran dai tangguh yang ditugaskan di Mahulu, harapan warga khususnya yang menjadi binaan bisa menikmati hewan qurban.

“Alhamdulillah, lebaran Idul Adha menjadi momen tahunan yang selalu dinanti warga di sini. Selain bisa menikmati daging qurban, juga dapat saling menguatkan keimanan kami sesama para muallaf ini,” timpal Hasan, salah satu tokoh masyarakat di kampung Ujoh Bilang.

Ia pun berharap, tahun ini BMH dapat kembali mengirimkan hewan qurban ke desanya dan desa-desa pedalaman lainnya.

Perjalanan membawa hewan qurban ke Pedalaman Mahulu Kalimantan Timur

“Semoga BMH tahun ini dapat membawa hewan qurban untuk masyarakat desa kami di sini dan desa-desa lainnya di sekitar sini,” harap Hasan.*/Herim

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *