Qurban Anda Bahagiakan Masyarakat Desa

Amil BMH saat berkunjung ke kebun cabai yang siap dipanen (10/7)

Ketimpangn sosial telah lama menjadi perhatian banyak pihak. Selain karena memang sangat kasat mata, ketimpangan sosial umumnya terjadi di desa-desa terpencil. Seperti yang terjadi di Desa Suka Mulih Kecamatan Suka Jaya Kabupaten Bogor Jawa Barat.

“Sebagian besar pekerjaan warganya sebagai pedagang keliling atau asongan di kota. Biasanya mereka pulang sepekan sekali. Kalau warga yang memiliki lahan, mereka bertani pisang, cabai,  kacang dan jagung. Tapi kalau kemarau seperti ini, tidak ada tanaman yang bisa ditanam.

Untuk mengisi waktu mereka memelihara kambing, ada yang punya sendiri, tapi kebanyakan memelihara punya orang dengan sistem paroan (ketika beranak 2 maka dapat 1),” terang Manajer Program dan Pemberdayaan BMH Megapolitan DKI Jakarta, Zainal Abidin.

Desa Suka Mulih lokasinya di pegunungan, sehingga kemarau satu bulan saja sudah kesulitan air.  “Untuk mendapatkan air harus berjalan ratusan meter dengan stok air yang terbatas.  Kadang ada mobil dari PDAM yang mengirim,” imbuh Zainal.

Menuju Desa Suka Mulih memang butuh waktu. Dari Jakarta kurang lebih memakan waktu 4 jam. Untuk sampai ke lokasi, tim mesti melintas di jalanan yang cukup banyak lubang dan luas jalan yang sangat terbatas, sehingga butuh kehati-hatian tinggi.

Desa Suka Mulih Kecamatan Suka Jaya Kabupaten Bogor Jawa Barat insya Allah akan menjadi salah satu desa sasaran distribusi hewan qurban. Terlebih desa ini telah lama menjadi desa binaan BMH dengan program utama pemberdayaan pertanian berupa tanaman jagung dan cabai.

“Kita harapkan setidaknya 25 ekor kambing bisa kita distribusikan ke Desa Suka Mulih ini. Tahun lalu, masyarakat desa juga tidak mendapatkan hewan qurban. Semoga tahun ini, dengan idzin Allah, BMH bisa menyalurkannya.

Harapannya ini menjadi penguat program yang telah lama berjalan, sehingga pembinaan dan pemberdayaan masyarakat di desa ini dapat berlangsung secara berkesinambungan,” pungkas Zainal.*/Mahmudin

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *