Sumatra Utara

Nama Desa : Sarak Matua

Kecamatan : Panyabungan

Kabupaten : Mandailing Natal

 

Profil lokasi :

Desa Sarak Matua adalah desa binaan dai BMH Perwakilan Mandailing Natal yg berjarak 500  Meter dari Kampus YPP Hidayatullah Mandailing Natal. Desa ini berpenduduk mayoritas muslim dengan mata pencaharian petani sawah dan Buruh lepas di kebun karet orang karenanya mayoritas masyarat dsini merupakan kalangan menengah ke Bawah.

Selama ini sangat Jarang ada motong hewan qurban di desa ini bahkan di Tahun lalu tidak ada pemotongan Qurban di desa ini . Sehingga mereka jarang makan Daging bahkan untuk setahun sekali pun belum tentu. Untuk itu besar Harapan Mereka agar kiranya tahun ini ada Qur’an untuk Masyarakat de Sarak Matua ini.

Nama Desa : Desa lolozasai

Kecamatan : Gido

Kabupaten : Nias

 

Profil lokasi :

Desa Lolozasai, Kecamatan Gido, Kabupaten Nias adalah salah satu desa  Binaan Da’i Hidayatullah Nias yg berdomisili di Gunungsitoli. Dan desa tersebut adalah desa yg berpenduduk   mayoritas Nasrani, namun meski demikian di desa  ini terdapat sebuah  Masjid yg berukuran 12 x 12 meter. Masjid yang dibangun sejak November 2013 lalu, merupakan masjidnya para mualaf, disitu mereka belajar Islam, shalat berjama’ah, saling menguatkan dan  memperhatikan.   Jumlah Muslim yang ada di Desa Tersebut sebanyak  18 kepala keluarga. Kebanyakan yang mualafnya adalah para suami. Mereka masuk Islam ketika mereka merantau, dan kemudian menikah dengan wanita muslimah. Kami melihat ada yang dapat istri dari Cianjur, Binjai, Jawa dll. Semoga kita dapat membantu mereka dalam manjaga aqidahnya, menyekolahkan anak-anaknya, sehingga mereka kedepan memiliki aqidah yang kuat, ber ilmu dan bisa mengamalkan Islam dengan baik. Dengan cara menyisihkan sebagian rezeki kita untuk Berqurban di desa tersebut, sebagai bentuk kepedulian terhadap  saudara kita. Sekedar informasi, pada Idul Qurban tahun lalu di desa ini mereka memotong seekor sapi. serta mereka berharap untuk Idul Qurban Tahun ini, semoga ada Hamba Allah yg tergerak untuk berqurban di Desa Kami (Kata salah seorang Jama’ah).

Nama Desa : Desa Hiliweto

Kecamatan : Gido

Kabupaten : Nias

 

Profil lokasi :

Desa Hiliweto, Kecamatan Gido, Kabupaten Nias adalah desa yg berpenduduk mayoritas Nasrani, dengan jumlah penduduk +- 1.400 an jiwa secara keseluruhan, namun jumlah muslim nya hanya 48 Jiwa. didesa ini meski  yang muslim nya minoritas dan terpencar (berjauhan rumahnya) Alhamdulillah bisa hidup rukun. Dan di desa ini pula terdapat sebuah masjid yg dapat digunakan untuk belajar Islam,  sholat bejamaah, dan melaksanakan kegiatan Islam lainnya. Dengan ini pula, Semoga kita tergerak untuk membantu mereka dalam manjaga aqidahnya, yang sampai saat ini istiqomah hidup dengan segala keterbatasan. Yang keseharian dari masyarakat muslim nya adalah bertani,  berkebun, pekerja bengkel, dan Door smeer (cuci motor). Jangankan mereka dapat menyisihkan sebagian rezeki untuk berqurban, untuk kebutuhan sehari-hari saja kadang masih kurang. karena harga karet Rp. 5000/kg.

Dan dengan ini, semoga kita dapat menyisihkan sebagian rezeki kita untuk Berqurban di desa tersebut, sebagai bentuk kepedulian terhadap  saudara kita yg tinggal di tempat minoritas.