Kalimantan Timur

Desa :  Long Melaham

Kecamatan : Long Bangun

Kabupaten :  Mahakam ulu

Mahakam Ulu merupakan daerah yang berbatasan dengan Malaysia dimana penduduk di Desa ini bergama Islam dan Nasrani dengan total penduduk muslim sebanyak 90 Jiwa. Mahakam ulu terbentuk kurang lebih 20 tahun lalu, setelah di sahkan di gedung DPR RI. Mahakam ulu adalah pecahan dari kab. Kutai barat kal-tim.

Mahakam ulu merupakan kab. Bungsu di kaltim, kondisi jalan Mahakam ulu keselurahan masih tanah liat belum ada aspal atau semenisasi, jarak antar kampung di pisahkan oleh sungai, 45% lokasi hanya bisa di lalui melalui darat sisanya menggunakan perahu untuk menyambangi setiap kampong. Kondisi penerangan seperti listrik hanya di ibu kota kabupaten menyala hanya 12 jam per hari lain ibukota listrik hanya menyala sekitar 6 jam. Rata rata masyarakat berada di bawah garis kemiskinan.

Masyarakat Mahakam Ulu tidak ada yang pelihara sapi atau kambing, rata-rata masyarakat sekitar memelihara Babi, untuk  mendapatkan hewan qurban berupa sapi atau kambing dibutuhkan perjalanan melauli jalur sungai dengan menyewa kapal sendiri dengan harga sekitar Rp. 6.000.000 untuk menuju   kabupaten Kutai Barat.

Oleh karena hal diatas sekaligus Jumlah penduduk muslim yang sedikit dan jaraknya yang jauh dari ibukota membuat masyarat didaerah ini khususnya di desa Long Melaham jarang sekali merasakan nikmatnya daging Qurban.

Adapun kebutuhan masyarakat di Mahakam Ulu ini berupa 2 ekor Sapi, dengan harapan pada tahun ini masyarakat Mahakam Ulu turut bahagia di hari raya Idul Qurban, Amiin.