Jawa Timur

Nama Desa :  Satak

Nama Kecamatan :  Puncu

Nam Kab. :  Kabupaten kediri

 

WARGA SATAK KEDIRI, JATIM MENANTI DAGING QURBAN

Desa Satak adalah sebuah desa yg terletak di kecamatan puncu kabupaten kediri, suatu desa yang masyarakatnya mayoritas bekerja sebagai petani ini. karna tanah  yang sangat subur sehingga setiap  memanen hasil sawah selalu melimpah tapi ada yang sedikit menjadi catatan penting kami pada saat melihat keseharian petani di desa ini. karena kurangnnya ilmu pengetahuan tentang islam dan kurang ya menjaga aqidah yang baik banyak masyarakat yang dulunya muslim mayoritas dan sekarang menjadi muslim minoritas di desa satak ini. karena minimnya pengetahuan tentang islam yang sebenarya sehinga  aqidah mereka menjadi luntur dan menjadi santapan kaum minoritas untuk merekrut mereka menjadi murtad..naudubillah himinzalik…

Alhamdulillah berkat pertolongan Allah swt dan ingin memperkuat jaringan dakwah di desa satak ini maka ditugaskanlah ustad ustad dari BMH untk memperkuat dakwah di desa tersebut melalui diaktifkanya kajian kajian untuk masyarakat desa semoga dengan ditugaskannya para dai-dai muda BMH, bisa menguatkan sendi-sendi islam di desa satak dan menjadi desa yang rohmatan lil alamin dan terjaga aqidah dan akhlak masyarakatnya dan menjadi desa peradaban untuk desa-desa di sekitar menjadi desa dakwah yang Qur’ani sehinga menjadikan masyarakat yg berilmu dan beriman. aamiin….

Sebagai bentuk syiar ibadah qurban dan untuk memberikan pencerahan terhadapa masyarakat setempat, BMH membutuhkan 20 Ekor Kambing dan 3 Ekor Sapi hewan Qurban, semoga ibadah qurban dari bapak, ibu dermawan dibalas oleh Allah SWT. Amiin .

Desa : Tanjungrejo

Kecamatan : Tongas

Kab : Probolonggo

 

Profi lokasi : Desa tanjungrejo merupakan desa yang gersang dan minoritas ekonomi,  mata pencaharian  masyarakatnya mayoritas mengandalkan berladang bertani dan buruh tani, mayoritas masyarakat muslim yang butuh pencerahan dan dakwah pendidikan. Jalan yang rusak juga menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat sekitar.

Dengan berdirinya masjid baru yang di pelopori oleh seorang ustadz(ustadz hasyim), semoga menjadi awal dari dari kebangkitan saudara muslim kita di desa tanjungrejo. Rintisan sekolah MADIN semoga menjadi awal dakwah pendidikan dan pencerahan. Dan semoga  perjuangan ustadz hasyim menjadi pemupuk keimanan dan ketaqwaan bagi masyarakat tanjungrejo.

Nama Desa : Banaran

Nama Kecamatan : Pulung

Nama Kabupaten : Ponorogo

 

QURBAN UNTUK DAERAH LONGSOR PONOROGO

Desa banaran adalah desa yang terletak di wilayah bagian timur kabupaten Ponorogo, yang berbatasan langsung dengan kecamatan pundak. Sebagian besar masyarakat nya bermata pencaharian sebagai petani/pekebun, daerahnya merupakan dataran tinggi sehingga pada hari sabtu 1 april 2017 terjadi tanah longsor. Longsoran berasal dari tebing tanah setinggi 100 meter dan meluncur deras kepermukiman warga. Apalagi saat longsor terjadi, hujan deras melanda desa tersebut. Panjang material longsoran mencapai 800 meter, setinggi 20 meter dan mengenai area hingga 15 hektare. Suka mendalam bagi warga dan masyarakat setempat. Total 28 orang yang tertimbun longsor, dan menurut Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ponorogo menyatakan ada 38 unit rumah yang tertimbun longsor.

Alhamdulillah Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Baitul Maal Hidayatullah (BMH) telah melakukan berbagai bantuan sejak terjadi nya longsor yaitu bantuan tim SAR HIDAYATULLAH dalam evakuasi korban, bantuan logistik, sarana ibadah, fasilitas sekolah, pengobatan gratis, trauma healing, dan buka bersama dan santunan anak yatim dhuafa korban tanah longsor. BMH terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk korban longsor banaran.

Desa Banaran menjadi salah satu prioritas titik salur hewan qurban BMH untuk wilayah Jawa Timur, karena melihat kondisi masyarakat yang masih beradaptasi dengan lingkungan dan selalu siaga longsor, kebutuhan hewan qurban untuk desa banaran ini mencapai 25 ekor kambing dan 3 ekor Sapi. Semoga dapat terwujud dan memberikan rasa bahagia kepada masyarakat banaran.

Desa : Terrak

Kecamatan : Tlanakan

Kab : Pamekasan

 

Profil Lokasi :  Desa Terrak adalah desa yang kira kira ber jarak 20 km dari kota yang di dalamnya terdiri dari mayoritas muslim tetapi masih membutuhkan bimbingan agama lebih jauh. Dikarenakan mayoritas masyarakat miskin yang bekerja sebagai buruh tani. Cuaca kemarau juga menyebabkan pekerjaan sebagai buruh tidak menentu.

Desa : Kolpo

Kecamatan : Batang batang

Kab : Sumenep

 

Profil Lokasi :  Desa kolpo adalah desa yang berjarak sekitar 75 km dari pusat kota yang sebagian masyarakatnya membutuhkan sentuhan dakwah. Alhamdulillah BMH telah menerjunkan dai untuk berdakwah dilokasi tersebut menggunakan motor dakwah yang disupport dari BMH. Selain ekonomi yang masih dibawah rata rata, jarak yang cukup jauh dari kota juga menyulitkan penduduk di desa kolpo untuk berkembang dikarenakan membutuhkan waktu berjam jam untuk ke kota. Mendekati hari raya idul adha , penyaluran didesa ini akan sangat mengena bagi masyarakat ditempat tersebut yang jarang sekali memakan daging kalau bukan pada hari raya idul adha saja.

Nama Desa :  Balong Tunjung dan Balong Mojo

Nama Kecamatan :  Benjeng

Kabupaten : Gresik

 

Profil Desa : Desa Balong Tunjung dan Balong Mojo adalah desa dimana masyarakat muslim merupakan masyarakat minoritas dan Baru Masuk Muallaf (Nasrani) jg memiliki medan yang sangat berat dlm Berdakwah , sebagaimana ustdz Subhan menjalani nya  sehari-hari.

jalan disana licin dan rawan banjir bila musim hujan tiba, dan musim panas terjadi kekeringan yg luar biasa serta debu yang berterbangan, sehingga warga Muslim disana kesulitan utk mendapatkan air bersih dan jg jarang sekali tersentuh adanya daging qurban.

Untuk memperkuat Dakwah di sana Insyaa Allah Bersama dengan Da’I tangguh BMH akan merintis TPQ khusus muallaf  Didusun tsb dgn luas tanah 1300M2. Harapannya TPQ tersebut bisa berkolaborasi untuk melahirkan generasi yang Qur’ani dan masyarakat Muslim disekitar tempat ini khususnya terbina aqidah dan ketauhidan nya.

Nama Desa :  Tanggung gunung

Nama Kecamatan :  Tanggung gunung

Nam Kab :  Tulungagung

 

Profil Lokasi :  Desa Tanggung gunung adalah desa dimana masyarakatnya hidup di pegunungan dg mata pencarian bertani tadah hujan yang ketika musim kemarau mayoritas konsumsi keseharianya adalah nasi tiwul (nasi yg terbuat dr ketela yg dikeringkan) dan nasi jagung sehingga kebutuhan tambahan gizi sangatlah penting bagi warga sana.

Untuk memperkuat Dakwah di Mushola yang belum lama Di bangun InsyaAllah Bersama dengan Da’i tangguh BMH di sana akan didirikan tempat wadah belajar menghafal alquran sebagai wujut kepedulian dlm berdakwah

Nama Desa :  Grabagan

Nama Kecamatan :  Grabagan

Nam Kab : Tuban

 

Profil Lokasi :  Desa Grabagan adalah daerah pegunungan kapur yang hanya bisa bercocok tanam di daerah tersebut pada waktu musim penghujan dan sulit utk tumbuh tanaman di kala musim kemarau, sehingga penduduknya bekerja serabutan dgn mendapat penghasilan yang tidak menentu.

Nama Desa :  Sukosari

Nama Kecamatan :  Kunir

Nam Kab  : Lumajang

 

Profil lokasi :

Desa Sukosari adalah desa yang bertempat di dekat pesisir panjaitan selatan di kabupaten Lumajang

Disaat kita melihat wanita-wanita Janda yang sudah tua renta dengan rumah yg masih terbuat irisan Bambu, apa yang akan kita lakukan ? Jika melihat kehidupannya, tentu hati kecil ini akan berkata “seandainya aku mampu, maka sebagian rezeki yang aku dapatkan akan ku berikan padanya,”

Melihat hal diatas maka kami BMH mencoba untuk memperjuangkan kehidupannya dengan menyalurkan baik Zakat, Infaq dan daging Qurban Kepada mereka sehingga  mereka merasakan kebersamaan dan kebahagian bersama umat Muslim. Kebahagian dan ssnyum mereka menjadi kebahagian bagi kita semua

Nama Desa :  Winongan

Nama Kecamatan :  Winongan

Nam Kab :  Pasuruan

 

Profil Lokasi :  Desa Winongan adalah desa dimana masyarakat muslim mayoritas miskin dan tertinggal. Masyarakat adlah buruh tani lepas dengan lahan terbatas dan non produktif.

Untuk memperkuat dakwah di desa tersebut di gagas program keluarga berkah. Lewat program ini dilakukan transformasi nilai nilai Islam dan pemberdayaan masyarakat.

Adapun anak anak yang usia sekolah di fasilitasi beasiswa oleh BMH dengan di hantarkan pada sekolah sekolah yang berkualitas di Pasuruan ataupun luar Pasuruan.

Nama Desa :  Ds Balongrawe 

Kecamatan :  Magersari

Kabupaten :  mojokerto

 

Profil daerah

Desa balongrawe adalah desa mayoritas muslim,akan tetapi murapakan masyarakan menegah kebawah.desa balongrawe asal mulanya tanah perkuburan cina,yg lama kelamaan di huni masyarat akhirnya menjadi ds yg penuh,rumah mereka didirikan di atas makam2 tersebut

Masyarakat desa balongrawe rata-rata sebagai pemungut sampah dan kuli sayuran di pasar-pasar.dan mereka rata-rata usia sudah di atas 50 tahun,akan tetapi mereka tetap semangat dalam bekerja sehari-hari

Nama Dusun :  Pucuk

Nama Desa :  Senduro

Nama Kecamatan :  Argosari

Nam Kab :  Lumajang

 

Profil Lokasi : Merupakan daerah pegunungan yang berdekatan dengan gunung semeru dan lokasi B29 dengan mayoritas berprofesi sebagai petani. Daerah yang dingin serta berkabut mulai sore hari menyebabkan daerah dakwah tidak bisa luas. Sehingga masih dibutuhkan dakwah langsung turun ke lapangan untuk berdakwah ke warga sekitar.

Masih banyaknya warga yang baru memeluk islam sehingga memerlukan sentuhan dakwah yang lebih intensif. Penyaluran dakwah ke warga muallaf senduro merupakan salah satu solusi untuk terus menguatkan akidah mereka.

Nama Dusun : Tirtomoyo

Nama Desa :  Krisik

Nama Kecamatan :  Gandusari

Nam Kab :  Blitar

 

Profil Lokasi :  Posisi geografis desa Krisik, khususnya dusun Tirtomoyo yang terletak pada daerah tapal kuda perlu mendapat perhatian yang lebih. Dibutuhkan usaha yang terencana dan berkelanjutan untuk penguatan pilar aqidah serta bekal dasar pemahaman agama yang benar. Untuk itu diperlukan kajian keislaman yang berkelanjutan untuk menjaga aqidah masyarakat, serta pendidikan keislaman yang baik dan benar bagi anak anak di daerah setempat, agar menjadi generasi penerus risalah islam sekaligus sebagai benteng islam dimasa depan.

Adapun komposisi penduduk lebih dari  25% beragama Hindu, serta dg kondisi jalan mencapai lokasi ini  belum sepenuhnya memadai,  kegiatan dakwah dg segala variasinya mutlak dibutuhkan.

Memperhatikan kondisi demikian, dengan  kesempatan dan kemampuan yang ada, berkolaborasi  dg tenaga da’i setempat.

Nama Desa :  Pamongan

Nama Kecamatan :  Mojo

Nam Kab :  kabupaten kediri

 

Profil Lokasi :  Desa pamongan merupakan desa di kec mojo yg berada di lereng gunung wilis jrk untk menempuh ke desa pamongan ini krng lbh 50 km dr pusat kota kediri mayoritas penduduk bekerja sbg buruh tani cengkeh dan musiman menanam polowijo…kondisi daerah tandus sulit air daerah kekeringan setetes air sangat berguna skali bagi warga sampai air hujan di gunakan sbg air untk mandi dan air hbs mandi untk mengaliri sawah .alhamdulillah sudah berdiri 1 masjid untk beribadah.tapi keadaanya masih perlu banyak pembenahan terutama pada sarana untk bersuci.

desa.pamongan ada 5 dusun dsn.jeruk dsn.kunci.dsn.minden.dsn.karangdoro .dsn tumpak

  1. mengkawatir kan telah berdiri 1 gereja dan para misionaris gereja serta aktivis gereja .

Nama Desa :  Sumber mulyo

Nama Kecamatan :  Jogoroto

Nam Kab :  Jombang

 

Profil Lokasi :  Desa sumber mulya kecamatan jogorot kabupaten jombang merupakan desa yg mayoritas penduduknya pada posisi menengah ke bawah, rata-rata sebagai petani yang dalam kesehariannya jarang menikmati makanan daging,  sehingga momentum hari raya idhul adha ini di harapkan bisa menikmati daging qurban, di desa ini juga sudah ada dai BMH yang menetap di sini untuk membina anak-anak kampung di pondok melalui belajar ngaji di TPA.

Dengan ada nya pembagian daging qurban sebagai sarana untuk meningkatkan gizi masyarakat sekaligus sebagai sarana untuk bersosialisai terhadap masyarakat setempat.

Nama Desa :  Ngerdani

Nama Kecamatan :  Dongko

Nam Kab :  Trenggalek

Nama Desa :  Masaran

Nama Kecamatan :  Bendungan

Nam Kab :  Trenggalek

 

Nama Desa :  Pakal

Nama Kecamatan :  Pule

Nam Kab :  Trenggalek

Nama Desa :  Tanggaran

Nama Kecamatan :  Pule

Nam Kab :  Trenggalek

Nama Desa :  Jombok

Nama Kecamatan :  Pule

Nam Kab :  Trenggalek

Nama Desa :  Petung

Nama Kecamatan :  Dongkol

Nam Kab :  Trenggalek

Nama Desa :  Manggis

Nama Kecamatan :  Panggul

Nam Kab :  Trenggalek

Nama Desa :  Tamanan

Nama Kecamatan :  Trenggalek

Nam Kab :  Trenggalek

Nama Desa :  Ngantru

Nama Kecamatan :  Trenggalek

Nam Kab :  Trenggalek

Nama Desa :  Kelutan

Nama Kecamatan :  Trenggalek

Nam Kab :  Trenggalek

Nama Desa :  Kedungturi

Nama Kecamatan :  Modo

Nam Kab :  Lamongan

Nama Desa :  Nglayut

Nama Kecamatan :  Modo

Nam Kab :  Lamongan

Nama Desa  :  Kalibanjar

Nama Kecamatan :  Modo

Nam Kab :  Lamongan

Nama Desa :  Ngangkrok

Nama Kecamatan :  Modo

Nam Kab  :  Lamongan

Nama Desa :  KELOR

Nama Kecamatan  :  Modo

Nam Kab :  Lamongan

Nama Desa  :  Mlaten

Nama Kecamatan :  Modo

Nam Kab :  Lamongan

Nama Desa :  Pulorejo

Nama Kecamatan :  Modo

Nam Kab :  Lamongan

Nama Desa :  Tronglu

Nama Kecamatan :  Modo

Nam Kab :  Lamongan

Nama Desa :  Mojorejo

Nama Kecamatan :  Modo

Nam Kab :  Lamongan

Nama Desa :  Banjaringas

Nama Kecamatan :  Modo

Nam Kab :  Lamongan

Nama Desa :  Talon

Nama Kecamatan :  Ngebel

Nam Kab :  Ponorogo

Nama Desa :  Ngebel

Nama Kecamatan :  Ngebel

Nam Kab :  Ponorogo

Nama Desa :  Klepui

Nama Kecamatan :  Sooko

Nam Kab :  Ponorogo

Nama Desa :  Wager

Nama Kecamatan :  Pulung

Nam Kab :  Ponorogo

Nama Desa :  Tompokersan

Nama Kecamatan :  Lumajang

Nam Kab :  Lumajang

Nama Desa :  Pusung Duwur

Nama Kecamatan :  Senduro

Nam Kab :  Lumajang 

Nama Desa :  Sukosari

Nama Kecamatan :  Kunir

Nam Kab :  Lumajang

Nama Desa :  Sukorejo

Nama Kecamatan :  Kunir

Nam Kab :  Lumajang

Nama Desa :  Jatimulyo

Nama Kecamatan :  Kunir

Nam Kab :  Lumajang

Nama Desa :  Dawuhan

Nama Kecamatan :  Sukodono

Nam Kab :  Lumajang

Nama Desa :  Jogoyudan

Nama Kecamatan :  Lumajang

Nam Kab :  Lumajang

Nama Desa :  Pasirejo

Nama Kecamatan :  Tempusari

Nam Kab :  Lumajang

Nama Desa :  Wotgalih

Nama Kecamatan :  Yosowilangon

Nam Kab :  Lumajang

Nama Desa :  Badean

Nama Kecamatan :  Bondowoso

Nam Kab :  Bondowoso

Nama Desa :  Sekarputih

Nama Kecamatan :  Bondowoso

Nam Kab :  Bondowoso

Nama Desa :  Dabasah

Nama Kecamatan :  Bondowoso

Nam Kab :  Bondowoso

Nama Desa :  Tamansari

Nama Kecamatan :  Bondowoso

Nam Kab :  Bondowoso

Nama Desa :  Maesan

Nama Kecamatan  :  Maesan

Nam Kab  :  Bondowoso

Nama Desa :  Tanah

Nama Kecamatan :  Maesan

Nam Kab :  Bondowoso

Nama Desa :  Patemon

Nama Kecamatan :  Pakem

Nam Kab :  Bondowoso

Nama Desa :  Petung

Nama Kecamatan :  Pakem

Nam Kab  :  Bondowoso

Nama Desa  :  Ardisaeng

Nama Kecamatan :  Pakem

Nam Kab :  Bondowoso

Nama Desa :  Grujukan

Nama Kecamatan :  Kabuaran

Nam Kab :  Bondowoso

Nama Desa :  Randu alas

Nama Kecamatan :  Kare

Nam Kab :  Madiun

Nama Desa :  Kare

Nama Kecamatan  :  Kare

Nam Kab :  Madiun

Nama Desa :  Kuwiran

Nama Kecamatan :  Kare

Nam Kab :  Madiun

Nama Desa :  Kepel

Nama Kecamatan :  Kare

Nam Kab :  Madiun

Nama Desa :  Banaran

Nama Kecamatan :  Balarejo

Nam Kab :  Madiun

Nama Desa :  Bulakrejo

Nama Kecamatan :  Balarejo

Nam Kab :  Madiun

Nama Desa :  Garon

Nama Kecamatan :  Balarejo

Nam Kab :  Madiun

 

Nama Desa  :  Jetis

Nama Kecamatan :  Dagangan

Nam Kab :  Madiun

Nama Desa :  Kepet

Nama Kecamatan :  Dagangan

Nam Kab :  Madiun

 

Nama Desa :  Ketandan

Nama Kecamatan :  Dagangan

Nam Kab :  Madiun

Nama Desa :  Sapi karep

Nama Kecamatan :  Sukapura

Nam Kab :  Probolinggo

Nama Desa :  Jatisari

Nama Kecamatan :  Kuripan

Nam Kab :  Probolinggo

Nama Desa :  Patokan

Nama Kecamatan :  Bantaran

Nam Kab :  Probolinggo

 

Nama Desa :  Tegal sono

Nama Kecamatan :  Probolinggo

Nam Kab :  Probolinggo

Nama Desa :  Bukurajan

Nama Kecamatan :  Probolinggo

Nam Kab :  Probolinggo

Nama Desa :  Limprak

Nama Kecamatan :  Banyuanyar

Nam Kab :  Probolinggo

 

Nama Desa :  Wonorejo

Nama Kecamatan  :  Maron

Nam Kab :  Probolinggo

 

Nama Desa :  KECIK

Nama Kecamatan :  Besuk

Nam Kab :  Probolinggo

 

Nama Desa :  Sumber bendo

Nama Kecamatan :  Sumber Asih

Nam Kab :  Probolinggo