Bali

Desa :  Pemogan

Kecamatan : Denpasar Selatan

Kabupaten :  Denpasar

 

Profil Lokasi :  Pondok ini menjadi ‘Pusat Penyembelihan’ Hewan Qurban setiap Tahun, Dalam Setiap Pendistribusian ada hal ‘unik’ para penerima daging qurban, Warga Non Muslim Bali Yang merupakan tetangga pondok mendapatkan jatah sama dengan warga muslim lainnya, namun mereka tidak mau mengambil daging hewan qurban Sapi, Karena menurut kepercayaan mereka, Sapi adalah ‘tuhan’ mereka. Inilah ‘tradisi’ warga pondok yang setiap tahun di’jaga’ agar mereka bisa merasakan & menikmati ‘olahan daging qurban’ sesuai selera mereka

Desa :  Suwung Kauh

Kecamatan : Denpasar Selatan

Kabupaten :  Denpasar

 

Profil Lokasi :  Daerah ini menjadi lahan ‘rejeki’ bagi para pendatang yang tidak dibekali dengan skill keterampilan, Lokasi ini menjadi sangat ‘rentan’ dengan berbagai penyakit yang bisa menular. Setiap hari para pengais sampah ini berjibaku dengan beragam sampah. BMH baru sesekali beranjang sana dengan para pemburu sampah ini.

Desa :  Lelatang

Kecamatan : Negara

Kabupaten :  Jembrana

 

Profil Lokasi :  Mayoritas Masyarakat adalah para petani sawah, Desa ini menjadi ‘Minoritas’. Saat ini sudah ada da’i Tangguh BMH yang membina masyarakat disekitarnya.

Desa :  BanyuBiru

Kecamatan : Negara

Kabupaten :  Jembrana

 

Profil Lokasi : lokasi Yang menjadi Lahan Dakwah untuk rencana Pendirian Kampus  Hidayatullah di Wilayah Bali, Mayoritas Masyarakat adalah para petani, Desa ini menjadi ‘Minoritas’. Saat ini sudah ada da’i Tangguh BMH yang membina masyarakat disekitarnya.

Desa :  Daun pala

Kecamatan : Tabanan

Kabupaten :  Tabanan

 

Profil Lokasi :  Mayoritas Masyarakat adalah para Petani, Desa ini menjadi ‘Minoritas’. Saat ini sudah ada da’i Tangguh BMH yang membina masyarakat disekitarnya.

Nama Desa : Selabih

Nama Kecamatan : Selemadeg Barat

Nama Kab : Tabanan

 

QURBAN DI PULAU DEWATA – BALI

Selabih! Desa yang jauh dari Hiruk Pikuk pembicaraan dunia nyata apalagi maya, sering dilewati oleh beragam mobil berbagai merek dan kapasitas. Desa ini terletak di ruas Jalan Poros Denpasar-Gilimanuk yang berjarak _+ 63 KM dengan waktu tempuh 2 jam dari Denpasar. Desa yang dimekarkan pada tahun 2008 ini sekarang terbagi 3 banjar dinas.

Namun ada hal yang sangat miris pada saat BMH berkunjung ke lokasi tersebut. Hal yang terasa miris dan menyayat hati, di tengah kesibukan mencari dunia yang hampir 24 jam dikerahkan untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri, keluarga dan masyarakat desa Selabih ini yakni sholat berjama’ah. Sampai-sampai pada sholat Jum’at kemarin menjadi bukti nyata bagaimana masyarakat di desa ini harus mendapat perhatian lebih dalam soal dakwah.

Di beberapa tempat, Sholat Jum’at akan ramai walau pada sholat-sholat wajib 5 waktu hanya beberapa jama’ah, namun di Desa ini hanya ada segelintir orang saja yang melakukan shalat jumat, dapat dihitung jari hanya ada 8 orang termasuk tim BMH 3 orang. Ini menunjukkan bahwa betapa desa ini sangat membutuhkan perhatian lebih guna menyampaikan dakwah dan pencerahan islam kepada masyarakat setempat.

Menurut Indra, Seorang Jama’ah Musholla Hidayatul Mukmin ini menuturkan ” kesibukan orang-orang di Banjar (Kampung) ini yang rata-rata petani sehingga saat siang hari mereka berada di ladang dan sawah sehingga mereka tidak ikut, sampai sampai shalat Jum’at pun mereka tidak laksanakan.

Untuk itulah dalam momentum Qurban Berkah Nusantara ini, BMH dan Kita bisa mengajak sahabat Dermawan untuk ikut mensyiarkan Islam di Pulau Dewata melaui Qurban Anda.

Nama Desa : Bungaya kangin

Nama Kecamatan : Babandem

Nama Kab : Karangasem

 

Profil lokasi : Merupakan Desa Terpencil dengan Populasi Muslim yang hidup dibawah garis kemiskinan yang ada di Kabupaten Karangasem ini, menjadi salah satu binaan da’i Tangguh BMH.

Nama Desa : Jimbaran

Nama Kecamatan : Kuta Selatan

Nama Kab : Badung

 

Profil Lokasi : Mayoritas Penduduknya non Muslim, Namun dengan Kegigihan berdakwah, Alhamdulillah  sudah ada asrama santri untuk para yatim dhuafa mengemyam masa-masa emas pendidikan, Lokasi ini menjadi lahan dakwah da’i tangguh BMH Badung