Qurban 4 Plus Bahagiakan Saudara-Saudara Kita di Pedalaman

Laznas BMH Perwakilan Maluku Utara kembali menyiapkan diri menjadi mitra kaum Muslimin di dalam membahagiakan masyarakat pedalaman, yang sejauh ini bukan saja lokasinya berada di pedalaman, tetapi juga kehidupannya pun masih tertinggal dari daerah yang telah tersentuh cahaya Islam.

“Pada Dzulhijjah 1441 H, Laznas BMH Perwakilan Maluku Utara kembali memetakan lokasi pendistribusian hewan qurban melalui Program Qurban 4 Plus yang bagi masyarakat pedalaman dan suku terasing di wilayah Maluku Utara benar-benar amat dinantikan,” terang Kepala BMH Perwakilan Maluku Utara, Arif Ismail (17/6).

Masyarakat suku terasing, Togutil, misalnya, sangat menantikan Idul Adha dengan digelarnya pemotongan hewan qurban.

“Masyarakat pedalaman dan suku terasing yang dibina oleh BMH Maluku Utara selama ini sangat bahagia dalam setiap momen istimewa ajaran Islam, seperti Ramadhan dan Idul Qurban. Terlebih, makan daging bagi mereka bukan saja jarang, tapi sangat-sangat istimewa. Dalam setiap pemotongan hewan qurban selama ini bersama BMH, masyarakat sangat bahagia dan merasakan betapa indahnya Islam yang umatnya saling menyayangi sekalipun tak saling kenal dan terpisah jarak yang begitu jauh,” imbuh Arif.

Terlebih jika masyarakat perkotaan gabung dalam Program Qurban 4 Plus dengan tambahan berupa program sumur bor, bantuan modal, beasiswa pendidikan, dan kepedulian berupa sembako kepada mereka, tentu ini semua ini sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat di pedesaan, lebih-lebih pedalaman.

Arif Ismail menjabarkan bahwa untuk kategori pedalaman dan suku terasing di Maluku Ternate telah memetakan sembilan lokasi yang tersebar di Ternate dan Halmahera. Di antaranya Desa Mandaong, Bacan Selatan, Halmahera Selatan, Desa Togoliua, Tobelo Barat, Halmahera Utara, Desa Soagimalaha di Maba, Halmahera Timur hingga Desa Cucumare di Morselbar, Kabupaten Pulau Morotai.

“Kesembilan desa itu berada di wilayah pedalaman di Halmahera yang satu sama desa lainnya jaraknya sangat berjauhan dan Alhamdulillah Laznas BMH sudah siap menyapa mereka semua dengan sinergi melalui jaringan dakwah para dai tangguh selama ini. Semoga tahun ini, mereka dapat kembali tersenyum dengan qurban kaum Muslimin,” tutupnya.*/Herim

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *