Upaya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat untuk Memajukan Kualitas Hidup

Upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat, Sumber: kompasiana.com

Apa itu pemberdayaan ekonomi masyarakat? Pemberdayaan ekonomi masyarakat adalah usaha untuk mengubah kondisi masyarakat tertentu dalam memecahkan berbagai persoalan terkait peningkatan kualitas hidup, kemandirian, dan kesejahteraan.

Pemberdayaan ekonomi masyarakat ini dilakukan untuk mendorong, memotivasi, dan menggali potensi yang dimiliki masyarakat. Dengan begitu, kondisi masyarakat akan berubah dari yang tidak berdaya menjadi berdaya. Pemberdayaan ini dilakukan supaya masyarakat kurang mampu dapat melepaskan diri dari kemiskinan.

Upaya pemberdayaan tersebut membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Diantaranya adalah pihak pemerintah dan juga lembaga swadaya masyarakat. Terdapat tujuan pemberdayaan ekonomi masyarakat yang perlu Anda ketahui yakni agar masyarakat mempunyai pengetahuan dan juga keterampilan yang digunakan dalam kehidupan.

Selain itu masyarakat juga diharapkan untuk meningkatkan pendapatan, memecahkan permasalahan yang dihadapi, serta mengembangkan sistem untuk mengakses sumber daya yang diperlukan.

Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa

Untuk mensejahterakan masyarakat desa, terdapat beberapa program yang bisa diberikan. Program pemberdayaan masyarakat tersebut dibuat oleh pemerintah pusat. Potensi alam yang dimiliki oleh desa setempat akan diolah secara baik. Dengan begitu, hasil tersebut akan berguna untuk menyejahterakan masyarakat setempat.

Lalu apa saja program pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi tersebut? Dikutip dari folderdesa.com, program pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi. Program tersebut meliputi berikut ini.

1. Pemberdayaan UMKM

Program yang pertama adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui UMKM. Pemberdayaan yang satu ini akan melihat mengenai potensi yang ada di daerah tersebut. 

Misalnya saja Kota Klaten, Kota Klaten terkenal dengan salah satu kerajinannya yakni Lurik. Maka dengan adanya pemberdayaan UMKM ini, masyarakat sekitar bisa lebih mengoptimalkan hal tersebut untuk kesejahteraan bersama.

Untuk membantu mensejahterakan masyarakat tersebut, peran pemerintah juga dibutuhkan. Pemerintah bisa memberikan subsidi khusus untuk para pelaku usaha ini, khususnya untuk pelaku usaha mikro. Sehingga masyarakat bisa mengoptimalkan usahanya agar tetap sejahtera.

Ilustrasi program pemberdayaan ekonomi desa, Sumber: bumisuksesindo.com
Ilustrasi program pemberdayaan ekonomi desa, Sumber: bumisuksesindo.com

2. BUMDes

BUMDes merupakan sebuah badan usaha dimana seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa yang penyertaan modal langsungnya berasal dari kekayaan desa. Lembaga ini diyakini dapat mendorong terciptanya peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

Hal tersebut dilakukan dengan cara menciptakan produktivitas ekonomi bagi desa melalui berbagai macam potensi yang dimiliki oleh desa tersebut. Nantinya produk dari BUMDes akan dibagi menjadi 3 zona, yaitu zona merah, zona kuning, dan zona hijau.

Untuk zona merah, nantinya akan ditujukan bagi desa yang tidak memiliki perusahaan (BUMDes). Kemudian untuk zona kuning, ditujukan bagi desa yang sedang memproses maupun sedang mengembangkan BUMDes miliknya. Lalu di zona hijau ditujukan untuk desa yang telah memiliki BUMDes dan sudah mulai beroperasi.

Melalui zona tersebutlah pemerintah daerah ataupun pusat menjalankan programnya. Khususnya dalam pemberian modal bagi masing-masing daerah tersebut.

Contoh Pemberdayaan Masyarakat

Ada beberapa contoh kegiatan pemberdayaan masyarakat yang bisa Anda pahami. Kegiatan tersebut dikutip dari Peraturan Desa Ciburial Nomor 8 Tahun 2018 Tentang Tentang Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung Tahun Anggaran 2019.

Di bawah ini contoh kegiatan pemberdayaan masyarakat yang bisa Anda ketahui dari Desa Ciburial tahun 2019, yakni sebagai berikut:

  • Bantuan Insentif Guru PAUD
  • Bantuan Insentif Guru Taman Belajar Keagamaan
  • Bantuan Insentif Untuk Kader Kesehatan
  • Pelatihan Kader Kesehatan Masyarakat
  • Pengelolaan Sanggar Seni Budaya Desa
  • Penyelenggaraan Festival Kesenian dan Kebudayaan Tingkat Desa
  • Dukungan Kegiatan Pelaksanaan Pekan Olahraga Desa (PORDes)
  • Penyediaan Sarana Prasarana Olahraga Tenis Meja
  • Peningkatan Kapasitas Kepala Desa dan Perangkat Desa
  • Peningkatan Kapasitas BPD
  • Pelatihan/Pendampingan Pengelolaan BUMDes oleh tenaga ahli yang dilaksanakan oleh Desa
  • Kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat
  • Fasilitas Sarana Prasarana dan Operasional Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos)

Dampak Positif Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Setelah tadi mengetahui berbagai contoh pemberdayaan ekonomi masyarakat desa, saatnya Anda memahami dampak positif dari program ini. Program pemberdayaan ekonomi masyarakat ini ternyata membawa beberapa dampak positif. Penasaran apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Masyarakat Lebih Mandiri

Dengan adanya pemberdayaan ekonomi masyarakat ini, masyarakat bisa lebih mandiri. Pasalnya, merekalah yang akan menjalankan perekonomiannya sendiri. Masyarakat akan menentukan sendiri apa saja potensi yang bisa diangkat, kemudian bagaimana cara menjalankan potensi tersebut.

Jadi secara tidak langsung, masyarakat bisa lebih mandiri untuk mengelola perekonomiannya sendiri. Kemudian lama-kelamaan perekonomiannya akan lebih sejahtera. 

2. Kemitraan Terjalin dengan Baik

Ketika mengadakan program pemberdayaan masyarakat ini bukan hanya memberikan suntikan modal saja. Namun juga perlu terjalin kemitraan yang baik diantara pihak yang sudah maju dengan yang masih berkembang. 

Dengan menjalin kerja sama seperti ini, masyarakat akan saling menguatkan dan memberikan dukungan untuk maju.

Jadi bukan hanya 1 pihak saja, melainkan semua pihak akan bisa menjalankan perekonomian yang kuat dan berkembang. Dengan begitu, mereka semua akan saling menjaga agar semuanya bisa maju secara bersamaan.  

Pelatihan BUMDes, Sumber: radarlampung.disway.id
Pelatihan BUMDes, Sumber: radarlampung.disway.id

3. Mendorong Munculnya Wirausaha Baru

Adanya pemberdayaan ekonomi masyarakat ini juga akan mendorong munculnya wirausaha baru. Hal tersebut didasari karena berbagai kemudahan yang diberikan untuk masyarakat sekitar. Mulai dari pemanfaatan modal, sumber daya manusia, hingga teknologi yang ada.

Diantara usaha yang telah maju dan yang masih berkembang pun juga akan saling tolong menolong. Dengan begitu usaha mereka akan sama-sama bangkit dan berkembang lebih maju. Jadi tidak heran jika akan memunculkan banyak wirausaha baru karena adanya program tersebut.

4. Menguatkan Ekonomi Industri Kecil

Meskipun hanya berskala kecil, namun perekonomian masyarakat tidak bisa lepas dari peran industri kecil. Dengan adanya program pemberdayaan ekonomi masyarakat ini akan membantu para industri kecil untuk menguatkan perekonomiannya.

Seperti yang telah kita ketahui, industri kecil sangat rentan terhadap potensi gulung tikar. Tanpa adanya bantuan maupun pembinaan dari industri yang sudah maju, industri kecil tidak mampu bertahan. Sehingga dibutuhkan bantuan untuk mempertahankan industri kecil tersebut agar tetap tumbuh dan berkembang.

Jadi tidak heran jika program pemberdayaan ekonomi masyarakat ini sangat dibutuhkan untuk mensejahterakan masyarakat. Dengan begitu, industri-industri kecil yang ada akan tetap bertahan dan semakin maju. Sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat yang ada disekitarnya.

5. Membantu Perekonomian Usaha Menjadi Modern

Pada era saat ini, perkembangan teknologi sangat cepat dan semakin maju. Oleh sebab itu, perekonomian yang ada juga perlu mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Jika perekonomian masih menggunakan cara lama dan tidak modern, maka perekonomian tersebut tidak bisa berkembang.

Oleh sebab itu, masyarakat desa perlu mengetahui bagaimana membuat ekonomi menjadi besar,modern, dan kuat. Dengan begitu, perekonomian tetap terus maju dan tidak terhalang oleh kemajuan teknologi.

Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Bersama BMH

Di BMH juga menyediakan sebuah program pemberdayaan masyarakat ekonomi kecil dan mikro yang diberi nama program mandiri terdepan

Program dari BMH ini ditujukan bagi masyarakat kurang mampu. Selain itu juga untuk mengoptimalisasi sumber daya lokal bagi kelompok masyarakat maupun pesantren yang lebih baik dan maju.

Program ekonomi dari BMH ini menjadikan dai sebagai motivator, pemberdaya, dan juga pendidik bagi individu serta kelompok. Dengan tujuan agar terbangun integritas, semangat, spiritual, serta mentalitasnya untuk memiliki penghasilan yang berkah melalui pemberdayaan ekonomi produktif.

Sosialisasi terhadap masyarakat desa, Sumber: klatenkab.go.id
Sosialisasi terhadap masyarakat desa, Sumber: klatenkab.go.id

Itulah tadi informasi seputar upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat yang perlu Anda ketahui. Jika Anda bayar zakat online, maka bisa melalui BMH. 

Anda tidak perlu khawatir jika bersedekah melalui kami. Pasalnya BMH sendiri sudah memiliki legalitas resmi yang terpercaya. Donasi yang Anda berikan dapat tersalurkan sebagaimana mestinya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.