Pelajar dan Komunitas Maluku Utara Bergerak Peduli Korban Gempa

Bencana gempa bumi yang melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengundang simpati berbagai elemen bangsa, tak terkecuali Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH).

Di Kota Ternate, dan seluruh Maluku Utara (Malut), rasa simpati ditunjukkan oleh BMH Malut sebagai Lembaga yang concern terhadap masalah sosial keagamaan dan kemanusiaan tersebut.

Kegiatan penggalangan dana dilakukan oleh BMH Malut ssbagai rasa simpatinya berupa turun ke jalan-jalan dengan tim relawannya, BMH mengarahkan seluruh potensi sumberdayanya untuk menggalang dana sebagai wujud kepeduliaan kepada para korban bencana NTB.

Aksi penggalangan dana selama beberapa hari terebut selain turun ke jalan, pasar, dan pusat perbelanjaan, BMH Malut juga bekerjasama dengan Sekolah-Sekolah.

“Di antaranya dengan SMP Muhammadiyah 1 Tetnate dan SMA Negeri 2 Ternate dan lainnya,” terang Kepala BMH Perwakilan Maluku Utara, Arif Ismail.

“Alhamdulillah, hasil dari pada penggalangan dana ini adalah sebagai bentuk kepeduliaan kami (SMAN 2 Ternate) atas saudara-saudara kita, korban gempa di Lombok, NTB. Dan kami percayakan penyalurannya melalui BMH. Semoga bermanfaat untuk mereka,” ujar Wakil Kepala Sekolah SMAN 2 Ternate, Sri Pujani.

Di tempat yang berbeda, aksi serupa juga dilakukan oleh SMP Muhammadiyah 1 Ternate bekerjasama dengan BMH.

“Alhamdulillah, sebagai perhatian dan kepeduliaan kami meskipun tidak banyak, semoga dana yang ada bisa bermanfaat untuk mereka di Lombok, dan kami percayakan amanah ini melalui BMH,” ujar salah seorang Guru SMP Muhammadiyah 1 Ternate, Nurjana.

Menurut Arif, penggalangan dana masih akan terus dilakukan dengan melibatkan santri-santri Pondok Pesantren Hidayatullah selama masih ada kebutuhan korban di NTB. Dia berharap, bantuan tersebut bisa meringankan beban penderitaan warga yang sedang mengalami musibah di NTB.

Selain mendapat kepercayaan dari sekolah-sekolah, kepercayaan juga datang dari institusi Pendidikan dan Komunitas, seperti Ma’had Al-Kadzim, Universitas Muhammadiyah Malut dan Komunitas Warung Pojok Halal.

“Insya Allah dana tersebut segera kami teruskan kepada saudara-saudara kita di Lombok,” ujar Arif.

Ia menambahkan, BMH Malut siap melayani masyarakat maupun instansi, baik BUMN dan Swasta yang ingin berpartisipasi kepada korban Lombok.

“Bantuan tersebut dapat ditransfer ke rekening BMH, atau bisa dijemput dan diantar ke kantor BMH,” tegasnya.*/Ilham

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *