Peduli Gizi di SDN 039 Desa Tani Bhakti Samboja

Memperingati Hari Gizi Nasional ke – 59, Baitul Maal Hidayatullah (BMH) sebagai lembaga pengelola zakat dan infaq bersama Gerakan Nikmatnya Berbagi (GNB) Balikpapan melakukan sosialisasi Sehat Peduli Gizi Nusantara 2019 di SDN 039 Desa Tani Bhakti Samboja, Rabu (30/1) kemarin.

Rangkaian kegiatannya meliputi pemberian makanan bergizi, penyuluhan kesehatan dan gizi, serta demo menyikat gigi yang benar dihadapan 164 siswa-siswi SDN tersebut.

General Manager BMH Kaltim Mochammad Mundzir mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dalam memperingati hari gizi nasional tepat 25 Januari lalu.

Yang menjadi target adalah menyambangi kawasan pelosok dan pinggiran kota yang dirasa perlu mendapatkan perhatian khusus terkait masalah kesehatan dan gizi. Menurutnya, gizi merupakan salah satu penunjang utama diantara penunjang-penunjang lainnya.

Dengan begitu, kita dapat mencetak generasi sehat dan berprestasi. “Dengan cara memperhatikan gizi mereka dapat menjadi jalan untuk tercapainya cita-cita mereka kedepannya,” kata Mundzir kepada Kaltim Post.

Dirinya menjelaskan, program seperti ini harus tepat sasaran. Programnya juga harus sesuai dengan karakter sosial budaya masyarakatnya.

Dan program ini harus berkesinambungan. Itupun saat sebelum memilih lokasi SDN 039 Desa Tani Bhakti ini, ada enam referensi sekolahan yang ada di daerah pelosok. Namun, hasil dari rapat akhirnya BMH bersama mitra program GNB sepakat memilih SDN 039 tersebut. “Masalah ini bukan hanya dari lembaga kemanusiaan saja, melainkan turut serta baik dari instansi pemerintah, maupun komunitas lainnya,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Sekolah SDN 039 Desa Tani Bhakti Sukarwati menyambut baik kegiatan ini. Semoga kedepannya kegiatan ini tidak kick and run.

Sehingga untuk kedepannya bagi siswa-siswinya mereka akan mengerti tentang arti kesehatan. Mereka mengerti akan pola makanan bergizi dan sehat serta bagaimana cara memelihara gigi yang baik. “Dengan adanya program kegiatan ini merupakan suatu kebangaan bagi saya. Karena kegiatan ini perdana bagi saya selaku menjabat sebagai kepala sekolah,” pungkasnya.

Sekedar informasi, selain melibatkan GNB. BMH juga berkoordinasi dengan mendatangkan Dokter Gigi Gattadah Huseini Joefrie dari Puskesmas Samboja.

Atta – sapaan akrab Gattadah Huseini Joefrie mengajarkan tata cara menyikat gigi dengan benar serta menerangkan pola menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari, yakni pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.*/prokal.co

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *