Panen Ikan Bandeng di Pesantren Hidayatullah Kendal

Sinergi BMH-YBM PLN di Pesantren Hidayatullah Kendal telah tiba masa menuai hasil, yakni berupa kegiatan panen ikan bandeng (29/12).

“Alhamdulillah, di akhir Tahun 2020 BMH melakukan panen kedua. Dari dua kali panen ini, sudah mampu menghasilkan 1 ton ikan bandeng,” terang Kordinator BMH Gerai Kendal, Mufti.

Panen ikan ini tidak saja membahagiakan keluarga besar BMH dan Pesantren Hidayatullah Kendal, tetapi juga masyarakat yang terbedayakan, seperti Pak Dzul.

“Terimakasih atas pekerjaan ini, walau di tengah pandemi saya dan teman-teman masih ada pekerjaan di tambak ini. Tetangga saya yang dari kota banyak yang pulang karena di PHK oleh majikannya,” tutur Pak Dzul penuh haru.

Kata Mufti, program pemberdayaan pesantren dengan budidaya ikan bandeng ini memang melibatkan masyarakat untuk dapat berdaya di program ini.

“Harapannya ke depan, program ini dapat terus dilakukan sehingga ada swadaya gizi dan pangan di pesantren. Disaat yang sama pemberdayaan bagi masyarakat sekitar juga dapat terus dilakukan. Alhamdulillah saat ini sudah lima orang warga desa yang terberdayakan,” tutupnya.*/Herim

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *