Paket Sembako untuk Marbot Masjid yang Luar Biasa Ini

Warga setempat biasa memanggilnya Daeng Naba (50). Puluhan tahun sudah ia jalani hidupnya dengan mengabdi sebagai marbot masjid.

Setiap hari, pria yang tinggal di Dusun Sunggumanai, Desa Bontomanai, Kecamatan Bajeng Barat, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan itu tekun membersihkan masjid, mulai dari menyapu, mengepel, seluruh sudut dan ruangan, hingga membersihkan pekarangan masjid.

Menurut Kadiv Program dan Pemberdayaan BMH Sulawesi Selatan, Daeng Naba melakukan itu bukan atas nama profesi, tapi keterpanggilan hati.

“Beliau menjalani itu semua tanpa imbalan materi. Karena keterpanggilan bahwa rumah Allah harus bersih. Jadi beliau anggap itu pengabdian buka mata pencaharian. Padahal, setelah BMH menelisik ke kediamannya, beliau juga bukan orang yang berkecukupan, malah hidup dalam keadaan sangat sederhana alias masih kekurangan,” katanya.

Masjid Nurul Taqwa adalah tempat dimana Daeng Naba mengharapkan kebaikan dunia dan akhirat dalam kehidupannya dengan menjadi marbot.

Masjid yang berada di tempat Daeng Naba tinggal itu telah berdiri sejak 1936 dengan kontruksi kayu dan atap rumbia. Terakhir kali direnovasi pada Tahun 1942.

“Jadi, masjid ini memang melekat dalam diri Daeng Naba, karena ada sejarah kuat dengan perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia,” imbuh Syamsduddin.

Daeng Naba kata Syamsuddin tinggal bersama sang ibu yang berusia 85 tahun. Daeng Naba sendiri tidak memiliki istri dan anak.

Atas pengabdiannya yang begitu panjang, Laznas BMH Perwakilan Sulawesi Selatan menyambangi kediaman Daeng Naba yang berupa petakan guna menyampaikan amanah kebaikan berupa paket sembako dari para donatur dan muzakki.

“Alhamdulillah, terimakasih BMH, ini sangat membantu kebutuhan saya dan ibu di dapur selama Ramadhan,” ucapnya sumringah.

Syamsuddin mengatakan bahwa perhatian ini belumlah seberapa dengan pengabdian Daeng Naba selama ini. Semoga Allah jaga keikhlasan Daeng Naba mengabdikan diri dalam kebaikan dengan menjaga rumah Allah.*/Herim

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *