Mau Sehat dan Awet Muda, Gemarlah Shodaqoh

Awet muda tentu jadi dambaan semua manusia, tidak terlepas apakah umurnya itu sudah tua atau masih muda. Sebab tidak jarang orang yang walaupun umurnya masih muda namun wajah dan berperawakannya tampak tua, sering kita jumpai perwakan dewasa ternyata umurnya masih muda, begitupula sebaliknya.

Fakta itu membuat banyak orang berjuang serius mempertahankan perawakan muda. Apalagi kalau bicara dunia entertainment, mereka berlomba-lomba ikut perwatan seperti suntik vitamin, kolagen, atau operasi yang tentu tidak sedikit gocek yang ia keluarkan, demi menjaga komentar netizen tetap sesuai selera diri.

Tetapi, benarkah itu cara terbaik? Sebagian alih-alih berhasil, yang terjadi malah kerusakan pori-pori dan gangguan kesehatan lainnya.

Padahal jika mereka tahu dan mengerti bahwa hal yang demikian itu akan merugikan diri dan keluarga tentu ia akan berhenti. Dirinya tersiksa karena berapa kali dalam satu bulan ia harus control dan berapakali pula ia harus mengeluarkan biaya.

Alangkah bijak dan baiknya karakter seseorang itu manakala biaya tersebut dibagikan kepada yang membutuhkan, apalagi masih menghadapi kebiasaan baru setelah negeri ini dilanda pandemi yang tidak kunjung usai. Masih banyak orang yang membutuhkan santunan dan saluran stok makanan.

Lalu, bagaimana cara agar sehat dan awet muda terus terasa dan bertahan lama?

Pertama, Shodaqoh Mengurangi Stres

Menumpuk – numpuk harta dan menghitung-hitung kekayaan tidak dianjurkan dalam agama Islam. Justru din ini amat menganjurkan umatnya berderma dari rezeki yang diperolehnya. Perilaku kikir dan tidak mau menyumbangkan sebagian hartanya untuk sesama dapar meningkatkan stres. demikianlah hasil studi terbaru dari Universitas Teknologi Queensland yang diterbitkan dalam PLoS One. Dalam jangka panjang, stres dapat mengganggu sistem imun, menyebabkan kerentanan terhadap infeksi dan kerusakan pada sel tubuh.sebagaimana dikutip situs klikdokter.com.

Kedua, Shodaqoh mampu stabilkan tekanan darah

Sebuah studi tahun 2006 tentang pengaruh orang yang suka menolong dan sering memberikan motivasi atau dukungan sosial kepada orang yang mereka kenal, akan membantu orang tersebut untuk memiliki tekanan darah yang lebih rendah. Selain efek kesehatan tersebut, mereka yang suka menolong akan mendapatkan balasan positif yang sama dari lingkungan sosialnya. Saat darah mengalami kesetabilan disinilah wajah akan mengalami ketenangan tidak tegang apalagi emosi.

Ketiga, Shodaqoh bisa tingkatkan rasa bahagia

Mereka yang mendapatkan derma dari seorang dermawan, pasti akan merasa bahagia. Tahukah Anda bahwa sang dermawan yang telah mengeluarkan hartanya juga sama dan mungkin lebih bahagia? Penelitian menemukan otak yang terkait dengan rasa bahagia yang tulus akan lebih aktif. Mood seseorang akan lebih baik saat otaknya aktif dan terhindar dari stres. Disini akan didapatkan  keceriaan dalam hati dan ketengan jiwa, terpancar pada wajahnya.

Keempat, Shodaqoh bisa membuat awet muda

Suka menolong orang lain, membantu meringkankan sedikit beban orang lain, meskipun hanya tugas-tugas kecil dan ringan ternyata dapat membantu memperpanjang usia seseorang. Dalam sebuah studi yang dipublikasi dalam Jurnal Kesehatan Umum AS pada 2013 disebutkan bahwa mereka yang aktif membantu menolong orang lain atau meringankan tugas orang lain bisa terlindung dari dampak negatif stress.

Stres merupakan faktor risiko beberapa penyakit kronis seperti jantung dan depresi. Untuk itu disarankan tidak segan menjadi orang yang dermawan, suka membantu meringankan beban orang lain.

Jadi, untuk tampil sehat dan awet muda ternyata tidak sulit. Cukup gemarlah shodaqoh  kepada sesama, jika kita mengalami kesulitan penyalurannya Baitul Maa Hidayatullah (BMH) solusi terbaik anda, tampil terpercaya dalam pelayanan dan sampai pada tujuan.

Semoga Allah SWT senantiasa memudahkan kita dalam meraih kemuliaan-Nya lewat berbagi dan shadaqoh, Aamiin. []*/Moh Humaidi_Pegiat Pendidikan di Al-Fattah Batu

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *