Mari Bantu Korban Musibah Banjir Mamuju

Mata Pak Tahir berkaca-kaca. Lelaki yang tak lagi muda itu merasa sangat terpukul. Berat hatinya menyaksikan apa yang begitu cepat terjadi dan merenggut kebahagiaannya.

Belum lekang dalam ingatannya, rumah tempat ia menyimpan banyak kenangan bersama keluarganya itu, hanyut terseret arus air yang datang tanpa permisi dan menerjang tempat berteduh dan beristirahatnya hingga ke muara sungai di pagi buta (22/3/2018).

Tak ada yang tersisa selain pakaian yang melekat di tubuhnya. Istri dan anaknya baru berganti kostum setelah menerima titipan amanah pakaian bekas layak pakai yang tim BMH antarkan.

“Terimakasih, ini bukti Allah ada dimana tanpa ini saya tak tahu harus memakai apa lagi,”ucapnya kepada amil BMH di lokasi banjir yang menyeramkan bagi warga.

Pak Tahir tidak sendirian. Lebih dari 45 rumah disekitar rumahnya, mengalami kondisi hampir serupa.

“Rumah-rumah kayu itu rusak parah dan tidak lagi berdiri pada posisi semula. Hanyut terbawa arus, saling tindih antara rumah yang satu dengan rumah yang lain,” terang kepala BMH Perwakilan Sulawesi Barat, Syamsuddin, SE.

“Tidak ada lagi rumah yang bisa ditempati,” ucapnya menegaskan.

Kini sebagian warga diungsikan ke kantor Polres Mamuju. Sementara sebagian yang lain masih tetap bertahan di Posko Darurat yang dibuat oleh BMH di sekitar lokasi banjir. Sebagian bertahan guna menjaga puing rumah dan perabot rumah yang mungkin tersisa.

“Alhamdulillah. Saat ini genangan air telah surut. Namun perjuangan saudara-saudara kita masih belum selesai. Mari bergerak bantu mereka yang Allah uji dengan musibah banjir,” tutur Syamsuddin.

“Mereka belum memiliki tempat bernaung yang selayaknya. Anak-anaknya masih belum bisa kembali bersekolah. Toh, pakaian dan alat tulisnya telah hanyut dan belum tergantikan,” tegasnya.

Anda yang ingin membantu, warga sangat membutuhkan terpal, kasur/alas tidur, sabun dan peralatan mandi, selimut, sembako untuk dapur umum, paket nutrisi (susu, sari kurma, dll), serta alat perlengkapan sekolah.

“Mari sampaikan cinta dan kepedulian kita kepada mereka, saudara-saudara kita. Beri energi untuk bangkit dan memulai lembar semangat hidup yang baru. Salurkan bantuan Anda melalui BMH terdekat untuk saudara kita di Mamuju,” pungkas Syamsuddin.*/Syamelen

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *