Mari Bangun Asrama Penghafal Qur’an di NTT

Nusa Tenggara Timur merupakan wilayah yang solidaritas dan soliditas umat Islam sangat dibutuhkan, terutama untuk memajukan pendidikan.

Sebagai Laznas, BMH pun terpanggil untuk terlibat dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Asrama Tahfidz Al-Lathif ini merupakan asrama tahfidz satu-satunya di Kupang Barat dimana asrama ini telah menjadi wadah belajar para santri sejak 2014 lalu,” jelas Kepala BMH Perwakilan NTT Rasman Tkella.

Saat ini asrama tersebut membutuhkan kepedulian kita semua. “Ada puluhan santri meninggali asrama ini untuk belajar dan menghafalkan Al-Qur’an,” imbuhnya.

Menariknya, keterbatasan sarana tidak menyurutkan semangat belajar dan menghafal para santri. Sebagian sudah ada yang hafal hingga 12 juz.

Jaliha misalnya, anak yatim ini terus memacu diri untuk menghafal Al-Qur’an di asrama. Cita-citanya begitu kuat ingin menuntaskan hafalan hingga 30 juz.

“Saya berencana mau selesaikan hafalnya di sini, semoga Allah memudahkan cita-cita saya ini,” ungkap Jahila yang sudah yatim sejak SD ini.

Selain itu yang membuat Jahila bersemangat adalah ia mau kelak mempersembahkan mahkota untuk ayahanda yang telah lama tiada.

“Saya mau persembahkan hafalan ini kelak untuk kedua orang tua, terkhusus ayah saya yang telah lama tiada,” terang Jaliha penuh optimis.

Jaliha adalah salah satu santriwati dari puluhan satriwati yang menghafal Al-Qur’an di Asrama Tahfidz Al-Lathif, banyaknya santriwati kini tidak sebanding dengan asrama tahfidz yang tidak lagi menampung mereka semua.

Kondisi ini membuat Baitul Maal HIdayatullah berinisiatif membuat asrama yang lebih besar dan layak untuk bibit “penjaga Al-Qur’an” dari NTT.

“Kami mengajak semua pihak terlibat untuk ikut membangun SDM unggul di Nusa Tenggara Timur, insya Allah BMH siap bersinergi untuk mewujudkan hal itu. Siapapun yang ingin membantu secara langsung bisa melalui https://kitabisa.com/penjagaquranntt ” pungkas Rasman.*/Adianto

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *