Mandiri dengan Hidroponik

Asep Juhana Manajer BMH KBB foto di tengah sayur hidroponik yang merupakan sinergi program BMH-BI Jawa Barat

Satu di antara program yang terus digalakkan BMH secara nasional adalah ekonomi produktif.

“Di antaranya melalui program pertanian. Seperti yang dilakukan di Padalarang Kabupaten Bandung Barat, BMH di sini menjalankan program hidroponik,” terang Manajer BMH KBB Asep Juhana (1/10).

Program yang telah berjalan selama beberapa tahun tersebut kini mendapat support penuh dari Bank Indonesia Jawa Barat.

Ustadz Ibrahim selaku dai tangguh BMH di Padalarang mengaku bahagia bisa menjalankan program hidroponik ini bersama para santrinya.

“Ini sangat membahagiakan kami, karena adik-adik santri tidak saja hanya menimba ilmu keagamaan dan sosial, tetapi juga bisa belajar bagaimana mandiri melalui hidroponik ini,” terangnya.

BMH dan dai tangguh pun berharap semoga hidroponik yang berjalan terus membaik, sehingga ke depan, tidak saja bisa memenuhi kebutuhan pesantren semata, tetapi juga bisa ikut memberdayakan masyarakat sekitar Pesantren Agropreneur At-Taqwa di Padalarang.

Sementara itu, Kepala BMH Perwakilan Jawa Barat, Zainal Abidin berharap ke depan dapat ditemukan rekanan yang dapat membantu produk hidroponik BMH bersama dai tangguh dan Pesantren Agropreneur At-Taqwa ini bisa menembus pasar middle class, sehingga bisa menjadikan program ini lebih memberdayakan bagi warga sekitar pesantren secara lebih luas.*/Herim

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *