Latih Anak Muda Sigap Berikan Pertolongan Korban Bencana

Bencana alam berupa banjir dan tanah longsor masih sering terjadi di bumi Kalimantan Timur. Menyikapi kondisi yang datang tiba-tiba tersebut, BMH Kaltim bersama SAR Hidayatullah Kaltim menyelenggarakan kegiatan Diklat SAR yang diikuti 35 orang pemuda dari berbagai latar belakang aktivitas.

Kegiatan yang berlangsung selama 5 hari itu belum lama ini dilaksanakan di beberapa lokasi secara mobile, yakni Kampung Gunung Tembak, Balikpapan Timur, Pantai Ambalat Samboja, Kutai Kartanegara dan Kawasan Hutan Desa Gunung Binjai.

Menurut Agus, panitia kegiatan menuturukan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan tim kemanusiaan yang sewaktu-waktu diperlukan jika terjadi bencana alam atau kegiatan sosial kemanusiaan lainnya.

“Diklat ini dilakukan untuk melatih para pemuda menjadi relawan-relawan kemanusiaan yang selalu siap siaga jika diperlukan, khususnya oleh BMH dalam berbagai kegiatan kemanusiaan,” terang Agus.

Berbagai materi diberikan oleh para Instruktur yang dihadirkan dari SAR Hidayatullah Pusat Jakarta, diantaranya pelatihan tali temali untuk aktivitas evakuasi menggunakan tali, MFR untuk evakuasi medis, mulai dari pengenalan jenis – jenis luka, tehnik penanganan korban, pertolongan berbagai jenis luka medis, materi navigasi, character building, water rescue, survival dalam kondisi serba kekurangan dan rafling untuk evakuasi dari ketinggian.

“Pelatihan ini diharapkan akan melahirkan tenaga muda yang sigap dalam menghadapi bencana, terutama di dalam membantu para korban,” tutup Kepala Program dan Pemberdayaan BMH Kaltim, Muhammad Rofiq.*/Rifai

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *