Kuatkan Pondasi Ekonomi Pesantren dengan Budidaya Ikan Tawar

Memandirikan pesantren secara ekonomi menjadi cita-cita semua dai tangguh BMH, termasuk kemandirian ekonomi untuk Pesantren Hidayatullah Langkat Sumatera Utara.

“Alhamdulillah, di Sumatera ini pesantren yang dibina BMH ada di beberapa kabupaten dan kota. Untuk di Langkat kami perhatikan potensi di lahan sangat memadai, sehingga setelah melakukan berbagai upaya mengenai usaha yang tepat, disepakatilah budidaya ikan air tawar,” terang Kepala BMH Perwakilan Sumatera Utara, Luqman bin Thalib.

BMH Sumatera Utara, lanjutnya, akan berusaha melalui Program Pesantren Berdaya mewujudkan pengembangan usaha pesantren, sehingga ada kemandirian yang perlahan dapat diwujudkan.

“Ada dua pesantren yang sedang kami siapkan untuk budidaya ikan air tawar ini. Yaitu Pesantren Hidayatullah Langkah dan Pesantren Tahfidz Darul Istiqomah Medan,” jelasnya.

Untuk ini, BMH membuka kesempatan berbagi kebaikan kepada semua pihak kiranya program budidaya ikan air tawar dapat segera dilaksanakan, sehingga perlahan namun pasti, pesantren akan mandiri bahkan diharapkan dapat memberikan keberkahan berupa lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang tak jauh dari pesantren.

Luqman menjelaskan dengan dijalankannya program ini akan memberikan nilai pendidikan bagi santri, yang tidak melulu pelajaran di kelas, tetapi mereka juga mendapat skill bagaimana membudidayakan ikan air tawar.

“Jadi ini akan menambah sisi pengalaman pembelajaran para santri yang boleh jadi ke depan akan ada santri yang bisa menjadi pengusaha, insya Allah,” ucapnya optimis.*/Herim

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *