Kuatkan Gerakan Peduli Seluruh Anak Negeri

Suasana aksi galang dana untuk korban gempa bumi Lombok di Kupang NTT (10/8)

Laznas BMH melakukan respon cepat dan menyeluruh untuk membantu korban gempa bumi dengan kekuatan 7 SR yang menjadikan aktivitas warga lumpuh hampir dalam tiga pekan terakhir.

Begitu musibah terjadi, tim relawan langsung diterjunkan ke lokasi. Bersama SAR proses evakuasi menjadi kegiatan inti sehari pasca bencana.

Kemudian, BMH bersama IMS menerjnkan tim kesehatan yang bertgas memberikan layanan medis kepada warga korban gempa. Hingga akhirnya program recovery dalam konteks pemulihan spiritual warga dapat dilaksanakan dengan membangun masjid darurat.

Hingga hari ini, Laznas BMH dengan lima ambulan yang ada, terus memberikan layanan cepat kepada warga yang membutuhkan.

Pada saat yang sama, BMH Perwakilan di seluruh Indonesia berupaya membantu dengan melakukan aksi galang dana.

Amil BMH Perwakilan NTT memberikan pengalamannya dalam aksi galang dana untuk membantu korban gempa bumi Lombok ini.

“Pada dasarnya ini adalah momentum untuk mengasah kepedulian,” ucapnya.

Alhamdulillah ada rasa haru saat melihat adik-adik menyisihkan uang jajan mereka untuk saudara-saudari kita yang terkena cobaan musibah gempa di Lombok.

Meski mereka sadar uang yang mereka berikan tidaklah banyak, bahkan ada dengan sedikit malu memberikan uang sisa yang terdapat di kantong mereka.

“Ustadz, betapung uang tinggal dua ribu rupiah, maaf e Ustadz, semoga bisa membantu betapun saudara dong di Lombok,” ucap salah satu santri asli NTT saat menyodorkang satu lembar yang terlihat lusuh.

Sementara itu di wilayah lain, aksi galang dana dilakukan di pusat keramaian. Dan, ada sekolah yang menyediakan kotak amal khusus membantu korban bencana alam gempa bumi.

Sebagaimana diberitakan, setidaknya 381 jiwa, 1.033 luka-luka, merusak 22.721 unit rumah, dan jumlah pengunsi mencapai 270.168 orang (sumber hidayatullah.com). Artinya, masih banyak ruang dan kesempatan kita terus bergerak peduli untuk membantu saudara-saudara kita, korban gempa bumi Lombok NTB.

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membantu menghilangkan satu kesedihan (kesusahan) dari sebagian banyak kesusahan orang mukmin ketika didunia maka Allah akan menghilangkan satu kesusahan (kesedihan) dari sekian banyak kesusahan dirinya pada hari kiamat kelak.

Dan barangsiapa yang memberikan kemudahan (membantu) kepada orang yang kesusahan, niscaya Allah akan membantu memudahkan urusannya didunia dan di akhirat.

Dan barangsiapa yang menutup aib orang muslim , niscaya Allah akan menutup aibnya dunia dan akhirat.

Sesungguhnya Allah akan selalu menolong seorang hamba selama dia gemar menolong saudaranya.” (HR. Muslim).*

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *