Kirim APD ke RSCM, RS Persahabatan dan Pemakaman Umum

Kebutuhan tenaga medis akan APD masih terbilang tinggi. Hal ini mendorong BMH terus berupaya melakukan beragam program di tengah wabah Covid-19 ini, meliputi ketahanan pangan keluarga rentan ekonomi hingga bantuan APD untuk tenaga medis di rumah sakit.

“Alhamdulillah, hari ini (20/4) Laznas BMH kembali menjalankan aksi kemanusiaan dengan mengirimkan APD untuk dua rumah sakit di Jakarta. Yakni RSCM dan RS Persahabatan, juga untuk petugas pemakaman umum,” terang Direktur Program dan Pemberdayaan BMH Pusat, Zainal Abidin,

Bantuan ini mendapat sambutan positif dari pihak tenaga medis. Salah satu tenaga medis yang berada di RSCM mengatakan bahwasanya saat ini kondisi APD sangat dibutuhkan.

“Alhamdulillah, APD Ini yang sangat dibutuhkan, sementara yang ada sangat terbatas. Ini dikarenakan kondisi pasien yang terus bertambah. Ini karena APD hanya sekali pakai,” tuturnya.

Meski begitu, menurutnya para tenaga medis telah mencoba menghemat dengan cara tidak melepas APD hingga 7 jam lamanya.

Sementara itu tenaga medis yang berada di RS Persahabatan juga merasakan hal yang sama, sekalipun sementara ini terbilang cukup, namun sangat butuh masker N95.

“Alhamdulillah saat ini banyak dari para donatur yang kemudian membantu untuk pengadaan APD untuk baju hazmat saat ini sudah mencukupi. Namun saat ini yang cukup kesulitan adalah masker N95 karena para perawat dan dokter yang berada di zona merah harus menggunakan masker tersebut untuk lebih aman dalam menangani pasien Covid-19,” tuturnya.

Di lain tempat tepatnya di TPU Pondok Ranggon tim yang menyalurkan APD kepada crew pemulasaran jenazah Covid-19 kondisinya juga sangat butuh dengan APD.

Bapak Amang Ketua Pemakaman mengatakan sambil tersedu bahwasanya setiap hari dia harus memakamkan minimal 20 orang.

“Terimakasih kepada BMH, kepedulian BMH ini sangat membesarkan jiwa kami yang sehari-hari bertemu dengan jenazah positif Covid-19. Semoga Allah terus membimbing orang kian dermawan agar banyak saudara kita bisa diselamatkan,” pungkasnya.*/Herim

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *