5+ Keutamaan Bulan Muharram, Segera Lakukan Amalan Ini!

Bulan Muharram, Sumber: widosupraha.com

Seperti yang telah Anda ketahui, bulan Muharram merupakan bulan pertama pada kalender hijriyah. Di dalam Islam, bulan Muharram ini disebut sebagai bulan yang haram untuk melakukan perbuatan dosa maupun peperangan. Dibalik itu semua, terdapat berbagai amalan dan keutamaan yang ada pada bulan Muharram.

Perlu Anda ketahui bahwa bulan Muharram memiliki sejarah atau peristiwa penting yang dialami para nabi. Sejarah bulan Muharram yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Nabi Adam AS diciptakan, bertobat, dan masuk surga bertepatan di bulan Muharram.
  • Nabi Musa AS diselamatkan dari kejaran Fir’aun. Kemudian Fir’aun ditenggelamkan di Laut Merah pada bulan Muharram.
  • Peristiwa nabi Sulaiman AS yang menduduki singgasana kerajaan besar terjadi saat bulan Muharram.
  • Kisah nabi Yunus AS yang keluar dari perut ikan terjadi di bulan Muharram.
  • Pada bulan Muharram nabi Isa AS dilahirkan dan diangkat ke langit.

Selain berbagai peristiwa penting, pada bulan istimewa ini juga terdapat beberapa larangan. Salah satu larangan di bulan Muharram adalah berperang dan membunuh. Selain itu juga dilarang untuk berbuat maksiat di bulan ini, terutama bagi kaum muslim. 

Keutamaan Bulan Muharram

Bulan merupakan merupakan bulan awalan di dalam kalender hijriyah. Di dalam bulan ini terdapat berbagai keutamaan yang perlu Anda ketahui. Jika Anda mengetahui keutamaan bulan ini, maka Anda bisa segera melakukan berbagai amalan yang telah disunahkan. Berikut berbagai keutamaan dari bulan Muharram.

1. Ibadah Puasa Terbaik Setelah Bulan Ramadhan

“Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram, dan sebaik-baik sholat setelah sholat fardhu adalah sholat malam.” (HR Muslim).

Sudah dijelaskan di dalam hadits di atas bahwa puasa di bulan Muharram adalah puasa terbaik setelah puasa Ramadhan. Jadi untuk kaum muslim sebaiknya tidak melewatkan kesempatan emas ini untuk merasakan keutamaan bulan Muharram yang mulia. Selain itu juga dijelaskan di dalam hadits lain yang artinya:

“Jika engkau ingin berpuasa setelah Ramadhan, maka berpuasalah pada bulan Muharram. Sesungguhnya bulan tersebut adalah bulan Allah dan pada bulan itu terdapat satu hari di mana ketika suatu kaum bertaubat, Allah juga menerima taubat kaum yang lain.” (HR Tirmidzi).

Salah satu keutamaan bulan Muharram adalah berpuasa, Sumber: lifestyle.okezone.com
Salah satu keutamaan bulan Muharram adalah berpuasa, Sumber: lifestyle.okezone.com

2. Pahala Dilipatgandakan

Keutamaan bulan Muharram selanjutnya adalah pahala dilipatgandakan. Ketika Anda mengerjakan amalan yang baik, maka pahala tersebut akan dilipatgandakan di bulan ini. Keutamaan tersebut juga telah disampaikan di dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

“Maka sesungguhnya darah, harta, dan kehormatan kalian semua haram (mulia) atas kalian seperti mulianya hari ini, di negeri ini, dan di bulan ini. Dan sesungguhnya kalian akan menghadap Tuhanmu sekalian dan Dia akan bertanya kepada kalian tentang amal perbuatkan kalian.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Dosa Dilipatgandakan

Bukan hanya pahala yang dilipatgandakan, namun di bulan Muharram perbuatan dosa juga akan dilipatgandakan. Oleh sebab itu, setiap muslim dianjurkan untuk menghindari perbuatan dosa maupun perbuatan yang dilarang. 

Mengenai dosa yang dilipatgandakan tersebut dijelaskan di dalam Kitab Tafsir Ibnu Katsir, yang isinya seperti berikut ini:

“Allah SWT mengkhususkan empat bulan haram dari 12 bulan yang ada, bahkan menjadikannya mulia dan istimewa, juga melipatgandakan perbuatan dosa disamping melipatgandakan perbuatan baik.”

4. Terdapat Hari Asyura

Hari Asyura merupakan keutamaan 10 Muharram, karena hari tersebut jatuh di tanggal 10 bulan Muharram. Di dalam Islam, hari Asyura ini adalah hari yang paling istimewa. Hal tersebut dikarenakan, terjadi banyak peristiwa penting bersejarah yang terjadi pada hari tersebut.

Bagi kaum muslim sangat dianjurkan untuk melaksanakan puasa Asyura pada tanggal 10 Muharram. Selain itu juga dilengkapi dengan puasa Tasu’a yang jatuh pada tanggal 9 Muharram. Hal ini tertuang dalam sebuah hadits yang berbunyi:

“Ketika Rasulullah SAW berpuasa pada hari Asyura dan menyuruh para Sahabatnya juga berpuasa, maka mereka berkata: Wahai Rasulullah SAW, hari Asyura itu hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani. Maka Rasulullah SAW bersabda: Kalau demikian, Insya Allah tahun depan kita berpuasa pada hari yang kesembilan.” (HR. Muslim dan Abu Dawud).

5. Bulan yang Mulia Bagi Para Nabi

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa terdapat sejarah atau peristiwa penting yang terjadi pada bulan Muharram ini. Peristiwa penting tersebut berkaitan langsung dengan para nabi. Untuk beberapa sejarah tersebut sudah kami sampaikan di atas. 

Muharram termasuk bulan yang dimuliakan, Sumber: detik.com
Muharram termasuk bulan yang dimuliakan, Sumber: detik.com

6. Termasuk 4 Bulan yang Dimuliakan

“Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.” (QS. At Taubah : 36).

Bulan-bulan mulia yang dimaksud adalah Dzulqa’dah, Dzulhijah, Muharram, dan Rajab. Bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang disucikan tersebut. Dengan begitu pada saat bulan Muharram dilarang melakukan peperangan. 

Amalan Bulan Muharram

Setelah mengetahui keutamaan bulan Muharram, Anda juga perlu mengetahui apa saja amalan yang perlu dilakukan. Sehingga Anda bisa segera melakukan amalan yang perlu dilakukan dibulan yang istimewa ini. Penasaran apa saja amalannya? Berikut beberapa amalan bulan Muharram yang bisa Anda lakukan.

1. Melakukan Puasa

Untuk menjalankan ibadah puasa di bulan ini tidak ada patokan khusus harus berapa hari. Bahkan jika tidak keberatan, kaum muslim diperbolehkan untuk melakukan puasa selama bulan Muharram.

Namun di bulan Muharram ini terdapat hari-hari utama yang dianjurkan untuk berpuasa. Hari tersebut yakni puasa Tasu’a di tanggal 9 Muharram, puasa Asyura di tanggal 10 Muharram, dan puasa Ayyamul Bidh di tanggal 13-15 Muharram.

2. Bersedekah

Amalan baik yang bisa Anda lakukan pada bulan Muharram agar mendapatkan keutamaannya adalah dengan bersedekah. Untuk bersedekah, Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara. Misalnya saja dengan menyalurkannya melalui lembaga amil zakat seperti BMH.

3. Menyantuni Anak Yatim

Amalan yang sangat dianjurkan di bulan Muharram adalah menyantuni anak yatim. Ada berbagai keutamaan yang bisa Anda dapatkan melalui amalan ini. Diantaranya adalah mendapatkan kemudahan di surga, pahalanya seperti berjihad, dan mendapatkan perlindungan pada hari kiamat kelak.

4. Menunaikan Sholat

Menunaikan sholat wajib dan memperbanyak sholat sunnah juga bisa Anda lakukan di bulan Muharram ini.

Menyantuni anak yatim di bulan Muharram, Sumber: blog.wecare.id
Menyantuni anak yatim di bulan Muharram, Sumber: blog.wecare.id

5. Melakukan Silaturahmi

Silaturahmi merupakan salah satu amalan baik yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Anda bisa melakukan amalan tersebut di bulan Muharram ini dengan mengunjungi sanak keluarga maupun kerabat dekat.

6. Menjenguk Orang yang Sakit

Menjenguk orang yang sedang sakit dan mendoakan untuk kesembuhannya, juga dianjurkan pada bulan Muharram ini.

7. Menambah Nafkah untuk Keluarga

Amalan bulan Muharram berikutnya adalah menambah nafkah untuk keluarga. Bagi kepala keluarga, bisa melaksanakan amalan sunnah yang satu ini.

8. Melakukan Ziarah

Melakukan ziarah juga bisa Anda lakukan pada bulan Muharram ini. Bukan hanya ziarah keluarga saja, namun kepada para ulama juga dianjurkan. Ziarah kubur adalah perbuatan baik, karena itu melakukannya di bulan baik tentu pahalanya akan berlipat. Meskipun begitu mengkhususkan agenda ziarah di bulan Muharram saja sebaiknya dihindari. 

9. Membaca Surah Al Ikhlas

Amalan sunnah bulan Muharram selanjutnya adalah membaca surah Al Ikhlas. Anda bisa membaca surah Al Ikhlas sebanyak 1.000 kali.

Silaturahmi ke rumah keluarga, Sumber: tokopedia.com
Silaturahmi ke rumah keluarga, Sumber: tokopedia.com

Itulah tadi informasi mengenai keutamaan bulan Muharram dan amalannya. Bagi Anda yang ingin bayar zakat online, maka bisa menggunakan layanan dari BMH. BMH merupakan lembaga amil zakat yang sudah memiliki legalitas. Jadi Anda tidak perlu ragu dan khawatir jika ingin melakukan zakat, sedekah, dan lain sebagainya melalui BMH.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.