Kebahagiaan Petani dalam Panen Raya III di Ramadhan 1439 H

Program produktif Laznas BMH, atas izin Allah juga merekah di bulan penuh berkah. Program berupa agrotani di atas tanah hibah seluas ±40.000 meter persegi atau 4 Hektar di Desa Sukamulih dan Jayaraharja Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor itu, kini telah memasuki masa panen ke tiga, tepat di bulan Ramadhan 1439 H.

“BMH menggulirkan sejumlah program pemberdayaan sejak Januari lalu dan Ramadhan tahun ini telah melangsungkan panen jagung manis untuk yang ketiga kalinya setelah sebelumnya berhasil memanen 3 ton jagung dan 3 kwintal tomat,” terang Direktur Operasional Laznas BMH Jakarta, Rama Wijaya (27/5).

Sebelumnya, lahan tersebut kosong dan tidak terpelihara. “Kini, Alhamdulillah, Ramadhan ini berkah bagi petani yang terlibat dalam program pemberdayaan di desa ini. Lahan hibah yang sebelumnya tidak produktif kini menjadi produktif dan menghasilkan sayur dan tanaman organik,“ imbuhnya.

Kawasan yang langsung berbatasan dengan lahan BMH saat ini dihuni tidak kurang dari 80 KK yang mereka adalah masyarakat berpenghasilan rendah korban relokasi bencana longsor beberapa tahun silam yang mendapatkan bantuan rumah tinggal dari pemerintah Kabupaten Bogor.

Area hibah ini selain akan meningkatkan sumber penghasilan bagi masyarakat sekitar juga akan melibatkan masyarakat mengembangkan berbagai sektor produktif seperti sayur, peternakan dan lainnya.

“Dalam siteplan kampung Agrotani ini akan dilengkapi fasilitas masjid, karena masyarakat disini belum memiliki sarana ibadah yang memadai. In syaa Allah akan ada dai yang secara intensif dikirim disini, selain juga mengembangkan sektor pertanian dan peternakan untuk kesejahteraan masyarakat,“ pungkas Rama.*/Zaidin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *