Jumat Berkah, Sedekah dan Gerakkan Ekonomi Usaha Rumahan

Pendayagunaan dana zakat, infak, dan sedekah, memang ideal jika diarahkan pada program pemberdayaan, terutama masyarakat kecil. Sehingga dari sisi kemanfaatannya dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

“Berbekal semangat itu pula, Insya Allah melalui Program Jumat Berkah – Sedekah Nasi Bungkus ini dapat mewujudkannya,” ungkap Kepala BMH Perwakilan Sumatera Utara, Lukman A. Thalib.

Menurutnya, sekilas program ini sangat sederhana, namun bagi masyarakat yang layak mendapatkannya, program ini memberikan kebahagiaan tersendiri.

“Sebab selain penyalurannya menyasar para jamaah masjid, pedagang kaki lima, abang becak dan lainnya. Pengadaan nasi bungkus itu sendiri dipesan melalui pelaku usaha rumahan atau kaum ibu yang memiliki keterampilan memasak,” imbuhnya.

Pekan terakhir di bulan Februari ini (28/02), ‘proyek’ Pengadaan Nasi Bungkus dipesan kepada Ibu Ade Erni (53 th) yang bermukim di Kelurahan Sarirejo Kecamatan Medan Polonia Kota Medan.

Ibu kelahiran 1967 ini, sehari-harinya memasak melayani pesanan warga yang memiliki hajatan.
“Alhamdulillah, bisa membantu meningkatkan usaha kami. Juga melalui seperti ini kami pun bisa bersedekah pula,” tutur wanita yang suaminya berprofesi sebagai tukang becak motor itu.

“Pengadaan Nasi Bungkus ini akan kami pergilirkan setiap pekan kepada warga. Setidaknya dengan pola ini penerima manfaat bisa bertambah, bukan hanya yang mengkonsumsi tapi juga yang menyediakan,” urai Lukman.
Program ini memberikan suntikan motivasi kepada kaum ibu yang membantu ekonomi keluarga dalam mendapatkan kemandirian ekonomi.

“Mereka itu adalah Ibu Hebat yang membantu meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga agar lebih sejahtera dan berdaya. Jadi, sangat tepat jika kita support agar lebih baik,” pungkas Lukman.*/Irfan

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *