#Jum’at Berkah Berbagi Bahagiakan Masyarakat Pedalaman

Masjid bagi masyarakat pada umumnya, mungkin hanya dikenal dan digunakan sebagai tempat ibadah. Namun sejatinya masjid lebih dari sekedar itu.

Di kampung-kampung, pelosok dan pedalaman, masjid juga menjadi benteng aqidah bagi ummat muslim di sana.

“Hal ini karena satu-satunya akses dan tempat belajar paling memadai bagi anak-anak dalam membina diri, menuntut ilmu hanya di Masjid. Sentuhan spiritual dalam bentuk ceramah atau taklim, juga sebagian besar hanya didapatkan di masjid,” terang Kadiv Program dan Pemberdayaan Sulawesi Selatan, Syamsuddin (16/10).

Ironinya, masjid di tempat pelosok ini kondisinya perlu sentuhan agar bisa lebih baik dan nyaman bagi calon pemimpin masa depan belajar di dalamnya.

“Kran tempat wudhunya rusak, belum terganti. Karpet sholat sudah lusuh. Sound system yang kerap rusak. Bahkan ada yang kekurangan Mushaf Alquran,” imbuh Syam.

Atas fakta tersebut, Baitul Maal Hidayatullah Perwakilan Sulawesi-Selatan menginisiasi kegiatan #Jum’at Berkah Berbagi.

“Kegiatan rutin setiap hari Jumat ini dilakukan dengan mengunjungi masjid-masjid dan memberikan penguatan terhadap kiprah dan kebermanfaataannya bagi masyarakat yang masjidnya memang perlu kita perbaiki,” ungkap Syam.

“Alhamdulillah hari ini (16/10) tim BMH berkunjung ke Masjid Al Amin, di Dusun Kupanga, Desa Kale Ko’mara, Kecamatan Polombangkeng Utara, Kabupaten Takalar,” rincinya.

Kegiatan kali ini, bekerjasama dengan Komunitas Pelaut Indonesia Peduli Berbagi, Bumi Desain, IPTP dan META.

“Kegiatan diwujudkan dengan melakukan aksi bersih bersih masjid, penyerahan karpet masjid, Buku Iqra’ & Mushaf Alquran, beberapa perlengkapan sholat, serta paket snack yang dinikmati bersama jamaah selepas sholat Jum’at. Jadi mari kita kuatkan sinergi berikan kebaikan untuk masjid saudara-saudara kita di pelosok dan pedalaman,” tutur Syam.*/Herim

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *