Integrasi Penanganan Korban Gempa Difokuskan di Desa Sigarpenjalin

Suasana koordinasi bersama lima kepala dusun se-Sigarpenjalin, SAR dan tim medis IMS

Tim gabungan BMH telah mengupayakan berbagai bentuk penanganan korban gempa bumi di Lombok. Dan, demi ketuntasan program yang diusung, kemarin (7/8) telah dilakukan koordinasi dengan aparat desa se-Sigarpenjalin guna penanganan secara terintegrasi.

“Kami telah melakukan koordinasi gabungan bersama lima kepala dusun se-Desa Sigarpenjalin yang berada di Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Dari rapat itu disepakati penanganan yang terintegrasi, sehingga ada ketuntasan program dalam masalah ini,” terang Kepala BMH Perwakilan NTB, Abdul Kholiq (8/8).

Dalam rapat tersebut juga didapatkan data bahwa masih dibutuhkan tambahan terpal untuk 1000 KK, penyiapan musholla darurat untuk sholat lima waktu berjama’ah dan sholat Jum’at.

“Kemudian juga dibutuhkan segera penyediaan 6 tandon air beserta pompa air, guna suplai kebutuhan air bersih warga. Genset untuk penerangan di malam hari. Serta pendistribusian logistik dalam setiap harinya selama masa tanggap darurat sampai batas dimana kondisi mulai membaik,” urai Kholiq.

Mengingat fasilitas angkutan yang terbatas, tim relawan BMH bersama SAR Hidayatullah harus rela melakukan proses penyiapan dan distribusi hingga malam hari.

“Keterbatasan armada menjadikan semua harus bergerak ekstra, tak peduli malam, jika distribusi belum final, tim terus bergerak tak kenal waktu,” tegas Kholiq.

Semua kiprah BMH di lapangan tidak lain karena kepedulian para dermawan terhadap masyarakat korban gempa di Lombok. Mari kuatkan kepedulian kita melalui BMH agar semakin banyak masyarakat tertolong dan penanganan secara terintegrasi dapat benar-benar diwujudkan dengan tuntas.

Untuk menyalurkan kepedulian Anda terhadap korban musibah gempa bumi Lombok dapat menghubungi BMH terdekat di kota Anda atau melalui donasi online yang tersedia di www.bmh.or.id.*/Herim

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *