Inilah Kriteria Hewan Layak Qurban BMH

Sebagai ibadah yang sangat dianjurkan, berqurban tentu menjadi hal yang sangat istimewa, terlebih siklusnya hanya satu kali dalam setahun. Oleh karena itu, pantas dan harus seorang Muslim berqurban dengan hewan terbaik. Selain memang naluriah, hal ini juga ditentukan dalam syariat.

BMH sebagai lembaga yang konsen memberdayakan masyarakat pedalaman, di antaranya melalui momentum qurban, telah memiliki kriteria atau ciri-ciri hewan layak qurban.

“Pertama hewan qurban sehat alias terbebas dari penyakit. Kemudian, bagian telinga tidak terpotong lebih dari sepertiga. Mata dapat melihat alias tidak buta, kemudian gigi juga utuh atau tidak ompong.

Dari sisi fisik, hewan tidak kurus kering atau tulang tidak bersumsum, kemudian ekor tidak terpotong lebih dari sepertiga, dan, kaki tidak pincang. Lebih dari itu, harus dipastikan cukup umur. Cukup umur ini, satu tahun atau lebih untuk hewan jantan dan betina. Dengan catatan khusus betina hewan tidak sedang dalam keadaan bunting,” terang Direktur Program dan Pendayagunaan BMH Pusat, Dede Heri Bachtiar.

Dengan kriteria tersebut, diharapkan kaum Muslimin tidak ragu lagi untuk berqurban melalui BMH.*/Syafi’i

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *