Hukum Sedekah Online, Keutamaan dan Hikmah yang Didapatkan

Hikmah sedekah online, sumber: google.com

Hukum Sedekah Online – Sedekah merupakan pemberian seorang muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa ada batasan waktu dan jumlah tertentu. Sedekah atau yang juga sering disebut dengan donasi ini cakupannya lebih luas dari zakat dan infak. Sebab, bukan hanya berarti mengeluarkan harta, namun juga bisa berarti memberikan hal lain berupa amal atau perbuatan baik.

Sekarang ini untuk melakukan amal kebaikan sudah sangat mudah dan banyak sekali fasilitas yang bisa digunakan dimana dan kapan saja. Salah satunya yang berkaitan dengan sedekah adalah adanya layanan sedekah online. Jadi, untuk Anda yang masih beralasan tidak ada waktu untuk mencari tempat yang tepat, sekarang hal itu bukan alasan lagi bagi Anda.

Jika dulu kita bersedekah dengan mengumpulkannya ke masjid dengan kotak amal atau lewat orang-orang yang amanah. Sekarang, dengan bermodalkan smartphone dan saldo di rekening, kita bisa bersedekah secara online di lembaga-lembaga yang amanah dan terpercaya, salah satu lembaga yang membuka layanan terkait adalah Baitul Maal Hidayatullah.

Hukum Sedekah Online

Media online atau menggunakan internet sebenarnya merupakan sebuah metode untuk dapat menyalurkan kelebihan harta. Apapun bentuk dan model sedekahnya, baik online maupun offline pada intinya sedekah, zakat dan infak tersebut harus langsung sampai pada orang yang berhak menerima dan mendapatkan manfaatnya.

Untuk akadnya sendiri bukanlah syarat sah dari pelaksanaan sedekah dan zakat, sebab yang paling penting adalah meluruskan niat dan melisankannya saat hendak menunaikannya. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Ustadz Zul Ashfi LC bahwa pemberi sedekah yang memiliki niat, maka hukum sedekah online nya sah. Adapun niat sedekah yang benar sendiri adalah:

Hukum sedekah online, sumber: google.com
Hukum sedekah online, sumber: google.com

“Nawaitut taqoruba ilallahi ta’ala wattiqoaa ghadlabir rabbi jalla jalaluhu wattiqoa nari jahannama wattarakhkhuma ‘ala ikhwani wa shilatur rahimi wa mu’awanatadh dlu’afai wa mutaba’atan nabiyyi shallallahu ‘alaihi wa sallam wa idkholas sururi ‘alal ikhwani wa daf’il balai ‘anhu wa ‘an sairil muslimina wal infaqo mimma razaqohullahu wa qohran nafsi wasy syaithoni.”

Yang artinya:

” Aku niat sedekah untuk mendekatkan diri kepada Allah, menghindari murka Allah, menghindari api neraka jahannam, berbelas kasih kepada saudara dan menyambung silaturahmi, membantu orang-orang yang lemah, mengikuti Nabi Saw, memasukkan kebahagiaan pada saudara, menolak turunnya dari mereka dan semua kaum muslimin, menafkahkan rizki yang diberikan oleh Allah, dan untuk mengalahkan nafsu dan setan.”

Ustadz Abdul Somad atau yang akrab dipanggil UAS mengatakan bahwa, apabila tidak ada akad secara langsung pun amalan sedekah dan zakat akan tetap sah, yang terpenting seorang yang bersedekah benar-benar bisa memastikan lembaga terkait merupakan lembaga yang amanah dan profesional.

Apabila seseorang memberikan sedekah atau zakat, meskipun tidak bertemu secara langsung dengan penerima sedekah, karena memang dimediasi oleh lembaga penyalur sedekah maka amalannya tetap sah.

Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Syaikh Yusuf Al Qardhawi, : seorang pemberi zakat tidak harus menyatakan secara eksplisit pada penerima bahwa yang diberikan adalah uang zakat atau sedekah. Oleh sebab itu, jika terjadi hal yang demikian, maka zakatnya tetap sah.”

Keutamaan dan Hikmah Sedekah Online

Keuntungan yang pastinya Anda dapatkan dengan adanya layanan sedekah online ini adalah kemudahannya. Adapun untuk keutamaan dan hikmahnya sendiri berikut ini kami berikan ulasan lengkapnya. Yuk simak terus!

Hikmah sedekah online, sumber: google.com
Hikmah sedekah online, sumber: google.com

Sedekah Bisa Dimana Saja

Untuk bersedekah, sekarang ini sudah sangat mudah. Anda bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja. Sebagaimana dijelaskan di awal, Anda bisa berdonasi atau bersedekah melalui smartphone dengan waktu yang sangat singkat. Jadi, sekarang ini hampir tidak ada alasan bagi siapa saja yang memiliki kelebihan harta untuk tidak bersedekah.

Dengan adanya layanan sedekah online akan menjadi pengingat bagi kita untuk tidak lupa bersedekah kapan dan dimana pun kita berada. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surah Al Baqaroh ayat 245 yang artinya, “ barangsiapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan lebih banyak.”

Memberi Tanpa Pamrih

Mungkin masih ada yang beranggapan bahwa dengan layanan sedekah online akan menciptakan jarak antara kita dengan penerima manfaat sedekah. Namun hal tersebut tidak berarti mengurangi nilai dari sedekah itu sendiri. Sebaliknya, kita melatih diri untuk memberi tanpa mengharap feedback, juga implementasi dari tangan kanan memberi tangan kiri tidak mengetahui.

Apabila kamu menampakkan sedekahmu, maka itu merupakan baik sekali dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagi mu.” [Al Baqarah ayat 271]

Manusia bukanlah malaikat yang tidak pernah melakukan kemaksiatan yang kekhilafan. Namun manusia juga bukan syaitan yang selalu melakukan kejahatan. Manusia adalah makhluk yang berada di tengah kedua ciptaan Allah, malaikat dan syaitan. Artinya masing-masing potensi keduanya ada pada manusia.

Oleh sebab itu, manusia memiliki potensi untuk melakukan keburukan dalam amal, salah satunya adalah riya saat bersedekah. Maka, dengan adanya sedekah online akan dapat meminimalisir adanya sifat riya dalam diri kita jika suatu saat bertemu dengan orang yang menerima sedekah kita.

Memberi tanpa pamrih, sumber: google.com
Memberi tanpa pamrih, sumber: google.com

Mendapatkan Laporan Sedekah

Keutamaan selanjutnya dari sedekah dan bayar zakat online adalah adanya bentuk tanggung jawab dari lembaga penyalur sedekah, salah satunya berupa laporan penyaluran donasi atau sedekah. Hal ini merupakan bukti transparansi sekaligus menunjukkan bahwa lembaga tersebut memang amanah dan profesional.

Namun mungkin tidak semua lembaga penyalur akan melakukan mekanisme yang sama. Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa lembaga yang Anda pilih memberikan pertanggungjawaban dalam bentuk laporan penyaluran. Umumnya, lembaga terkait memiliki kanal seperti media sosial atau website yang bisa Anda akses untuk mengecek kredibilitas nya.

Memberikan Bantuan dengan Cepat

Hikmah selanjutnya dari sedekah online adalah bisa menjadi alternatif yang cukup efektif dalam memberikan bantuan atau pertolongan kepada yang membutuhkan dengan cepat. penggalangan dana tidak lagi dilakukan secara konvensional, namun sudah sedemikian canggih dengan layanan transfer online.

Sebagai sebuah gambaran, tentunya kita sudah sering melihat poster-poster yang berisi penggalangan donasi, baik itu untuk bencana, kebutuhan berobat, biaya pendidikan dan lain sebagainya. Nah, di poster itu hanya mencantumkan nama pihak atau lembaga yang bertanggung jawab berikut nomor rekening untuk penyaluran dana. Sangat mudah dan hasilnya begitu cepat.

Tempat Sedekah Online Amanah dan Profesional

Ada banyak sekali keutamaan dan hikmah yang bisa kita dapatkan apabila bersedekah online. Selain mudah, hemat waktu dan cepat, manfaat yang diberikannya juga begitu luas. Untuk Anda yang memiliki kelebihan harta dan ingin mendermakannya pada orang yang membutuhkan, tempat yang amanah dan profesional yang wajib gunakan adalah Baitul Maal Hidayatullah.

Hasil dari sedekah yang Anda salurkan pada BMH akan menjadi berbagai bentuk program pada bidang pendidikan, sosial, ekonomi, kemanusiaan, dakwah, kesehatan dan lain sebagainya. Caranya mudah sekali, kunjungi website BMH sekarang dan pilih jenis program sedekah yang hendak Anda berikan. Kami tunggu kehadiran Anda secepatnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.