Harapan Muallaf Dayak Kampung Karuing Idul Adha Nanti Ada Qurban Datang

Kampung Muallaf Dayak atau biasa dikenal di dengan Kampung Karuing berada di Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah.

Masyarakat di sini hidup rukun berdampingan, saat ini terdapat 499 jiwa dari 157 Kepala Keluarga yang hidup di pinggiran Sungai Ketingan.

Sebagai masyarakat yang tidak dekat dari keramaian jelas banyak hal yang belum mereka rasakan. Termasuk kebersamaan dan kebahagiaan di hari raya Idul Qurban.

“Dulu memang sempat sekali ada qurban 1 ekor sekitar tahun 2018 dari keluarga sini yang tinggal di kota, setelah itu tidak pernah ada lagi sampai sekarang,” jelas Pak Bambang, selaku Sekretaris Desa dan juga guru agama di Kampung Karuing.

“Tidak ada pemotongan hewan qurban di sini, selain memang taraf ekonomi masyarakat belum mampu, juga akses ke kota tidaklah mudah, jangan bayangkan ada kendaraan di sini, keseharian masyarakat berjalan kaki dan menaiki ketinting (perahu kecil) mensusuri sungai untuk menangkap ikan sebagai mata pencahariannya,” imbuhnya.

Kala tidak ada pemotongan hewan qurban ada yang dari kota membawa kulit hewan qurban, maka itulah yang diolah kemudian dimakan bersama-sama.

Hal itu dituturkan oleh Hermandi, putra daerah yang mengajar di Palangka Raya. Kala libur Idul Adha ia selalu membawakan kulit hewan qurban ke desanya.

“Betul, biasa saya kumpulkan kulit-kulit hewan qurban dari sini untuk dibawa ke kampung,” terangnya.

Besar harapan warga, setelah sholat Idul Adha tahun ini, warga bisa berkumpul dan bergembira memotong hewan qurban bersama.

Amil BMH dan dai tangguh BMH rutin silaturrahim dengan masyarakat pedalaman di Karuing

“Dengan kolaborasi yang erat antara BMH dan dai tangguh qurban Anda di pedalaman akan mudah untuk tetap dilaksanakan dan sampai ketujuan. Karena BMH memiliki jaringan dai tangguh di berbagai wilayah di Tanah Air,” terang dai tangguh senior BMH di Palangkaraya, Ustadz Nurrobbani.*/Herim

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *