Hanya Melalui Sungai, Paket Sembako Gratis ini Bisa Diserahkan

Laznas BMH Perwakilan Jawa Timur, belum lama (Rabu, 12 Desember 2018) ini menyambangi warga pinggiran yang cukup sulit disentuh.

Perahu motor melaju dengan kencang ditemani hembusan angin laut yang menghempas rombongan dari Baitul Maal Hidayatullah (BMH) menuju lokasi distribusi bantuan di Dusun Pucukan, Desa Gebang, Sidoarjo.Jawa Timur.

Perjalanan menuju Dusun Pucukan hanya bisa diakses melalui jalur sungai dengan waktu tempuh rata-rata 80 menit. Karena jika lewat jalur darat, medannya sulit, dan akan rumit lagi bila musim penghujan seperti saat ini.

BMH sengaja memilih warga pinggiran sebagai sasaran distribusi bantuan, karena warga di Dusun Pucukan tersebut yang sudah berjalan sejak 10 tahun lalu menjadi Desa Binaan BMH. BMH turut serta membimbing dan mendapingi kegiatan warga, mulai pembinaan keagamaan, ekonomi dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan penuh tantangan ini, Tim BMH berangkat bersama dengan rombongan Kanwil Ditjen Bea dan Cukai Jawa Timur I.

“Alhamdulillah, dalam rangka hari Bea Cukai & Hari Oeang, kami bisa berbagi paket sembako & nutrisi sehat untuk warga Dusun Pucukan dengan sambutan yang luar biasa. Dan insyaallah kedepannya kami juga akan menyalurkan peralatan sholat dan jilbab untuk warga Pucukan ini,” jelas Sudibyo selaku perwakilan dari pihak Bea Cukai Jawa Timur I.

Sementara itu, Manager Program BMH Jatim, Imam Muslim mengungkapkan bahwa kerjasama dengan Bea dan Cukai telah mendorong BMH semakin intens mewujudkan program-program yang berbasis pembangunan berkelanjutan.

“Distribusi paket bantuan sembako ini adalah upaya mewujudkan program-program berbasis Sustainable Development Goals (SDG’s), yaitu tujuan pembangunan berkelanjutan. Hal ini juga sejalan dengan 17 isu utama dalam kerangka SDG’s salah satunya yaitu meningkatkan kemitraan,” ucap Muslim.

Mahmud (35), salah satu penerima manfaat program ini mengungkapkan rasa gembiranya atas berlangsungnya acara penyaluran bantuan tersebut.

“Terima kasih kepada BMH dan para donatur yang sudah peduli dengan kami, Semoga dibalas yang lebih baik  oleh Allah SWT dan bisa kembali silaturahmi  ke Dusun Pucukan dan terus membina kami warga disini, matur nuwun,” tuturnya dengan wajah sumringah.

Selain itu, Imam Muslim, juga menyampaikan banyak terima kasih kepada pihak Kanwil Ditjen Bea dan Cukai Jawa Timur I atas Kemitraan yang dijalin.

“Semoga bisa dilanjutkan dan ditingkatkan kembali sinergi dan kemitraannya,” pungkasnya.*/Mustofa

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *