Gerak Sigap Membantu Korban Banjir di Kalimantan Timur

Berturut-turut di awal bulan Juni 2019, bertepatan dengan lebaran Idul Fitri 1440 H, banjir melanda Provinsi Kalimantan Timur, mulai dari Kota Bontang, Tenggarong, Samarinda dan yang terakhir adalah Mahakam Ulu.

Kerusakan alam akibat penambangan, derasnya curah hujan dan kondisi air laut pasang menjadi penyebab utama terendamnya ribuan rumah penduduk di beberapa kota dan kabupaten di Kalimantan timur.

Berdasarkan data dari BPBD Kaltim, ketinggian air antara 1 hingga 4 meter yang mengakibatkan sebagian besar aktivitas masyarakat terhambat, yang lebih menyedihkan karena kejadian tersebut terjadi dalam suasana lebaran Idul Fitri lalu.

Khusus Samarinda, jumlah kelurahan yang terdampak berdasarkan data dari BPBD dan Tarunan Samarinda sebanyak 9 kelurahan dengan jumlah warga 49.658 Jiwa dari 15.711 Kepala Keluarga. Hingga saat ini, beberapa daerah masih terendam karena hujan deras masih sering turun.

Menyikapi kondisi tersebut, BMH Perwakilan Kalimantan Timur menurunkan tim ke lokasi  bencana dengan mendirikan Posko bantuan dan menyalurkan berbagai macam kebutuhan para korban yang terdampak.

Koordinator Lapangan BMH Kaltim, Muhammad Khoir menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan BMH meliputi evakuasi, logistik dan layanan medis.

“BMH siaga dengan mengirimkan relawan, logistik, dan mobil ambulance lengkap dengan tenaga medis dan obat-obatan, pakaian layak pakai, serta selimut,” ucapnya.

“Alhamdulillah, dengan menggunakan perahu karet, kami dengan leluasa bisa langsung terjun ke gang-gang kampung warga, dimana banyak warga yang belum mendapatkan bantuan dan ada juga yang terisolir karena tidak bisa melintasi jalan, mereka harus di evakuasi dengan menggunakan perahu,” imbuhnya.

Meski sebagian wilayah sudah aman, namun curah hujan yang masih tinggi menjadikan warga masih khawatir dengan kemungkinan datangnya banjir-banjir susulan.

“Semoga semua segera berakhir dan warga dapat segera beraktivitas seperti sedia kala,” tutup Khoir.*/Rofiq

 

 

 

 

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *