Gerak Cepat Cegah Penyebaran Covid-19

Wabah Virus Corona yang belakangan dikenal dengan Covid-19 tidak saja benar-benar positif di Indonesia, tetapi terus mengalami perkembangan siginifikan dalam penyebaran dan dampak yang ditimbulkan.

Korban berjatuhan terus bertambah. Jakarta 12 jiwa, Bali dan Banten masing-masing 1 jiwa, Jawa Barat 1 jiwa, Jawa Tengah 2 jiwa, Jawa Timur 1 jiwa dan Sumatera Utara 1 jiwa.

Juru Bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyatakan bahwa “Data ini dari tanggal 17 Maret setelah pukul 00 sampai 18 Maret. Ada penambahan yang signifikan,” ucapnya seperti dilansir sebuah berita online Tanah Air (18/3 pada pukul 21.02 WIB).

Merespon hal tersebut, Laznas BMH melakukan upaya konkret dalam hal pencegahan, mulai dari penyemprotan kantor BMH sendiri di 25 kota/kabupaten di Wilayah Jawa Timur, hingga ke masjid dan pesantren.

“Untuk Jawa Timur penyemprotan cairan disinfektan dilakukan serentak di 25 kabupaten/kota. Pada hari yang sama BMH juga mengirimkan tim untuk melakukan hal sama di masjid dan pesantren. Perdana di Masjid Ummul Quro Depok,” terang Direktur Program dan Pemberdayaan BMH Pusat, Zainal Abidin (18/3).

Selanjutnya BMH akan memperluas gerakan ikut serta mencegah penyebaran Covid-19 dengan melakukan penyemprotan disinfektan ke tempat-tempat umum, terutama masjid, pesantren dan titik lainnya yang memungkinkan agar masyarakat dapat terhindar dari penyebaran Covid-19.

“Nantinya akan dilengkapi dengan pembagian hand sanitizer agar selain masjid bersih, para jama’ah dapat melakukan proteksi lebih dengan senantiasa mencuci tangan,” imbuh Zainal.

Laznas BMH merasa perlu hadir dalam masalah ini agar dapat ikut serta melindungi masyarakat dari bahaya Covid-19 yang belakangan dikabarkan terus meningkat dan mewabah di sejumlah daerah di Indonesia.

“Kita ikut ikhtiar, mendukung program pemerintah sekaligus membantu masyarakat dalam bentuk pencegahan. Semoga ikhtiar ini berhasil dan Covid-19 segera sirna dari negeri ini. Tentu saja kita harus memperkuat doa dan menjalankan arahan pemerintah dan MUI untuk sama-sama menghentikan penyebaran Covid-19 ini,” tutup Zainal.*

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *