Gerak Cepat Bantu Korban Banjir Gunung Kidul

Musibah kini kerap menyapa ibu pertiwi, mulai dari letusan Gunung Agung di Bali, sampai banjir besar yang menghanyutkan rumah di Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di dua lokasi musibah tersebut, Laznas BMH telah mengirimkan relawan sekaligus bantuan sebagai respon gerak cepat BMH terhadap musibah yang menimpa sesama.

“Untuk DIY dan Jateng, BMH telah mengirimkan relawan dan bantuan untuk korban banjir di Gunung Kidul,” terang Koordinator Lapangan BMH di lokasi, Sunardi.

Sampai malam (30/11) tim di lapangan belum bisa mengirimkan update secara utuh mengingat padatnya aktivitas lapangan ditambah kualitas sinyal yang begitu lemah.

“Kami belum bisa banyak melaporkan, karena tenaga lapangan full membantu evakuasi, sementara juga sinyal cukup sulit di sini,” imbuh Sunardi.

Namun demikian tim lapangan menyampaikan bahwa kerusakan akibat banjir di Gunung Kidul relatif sangat berat, karena tidak sedikit warga yang tidak saja kehilangan harta benda, tetapi juga kehilangan rumah, isi dan mata pencahariannya.

“Rata-rata kehilangan rumah, isi, ternak dan berbagai barang berharga lainnya,” ucap Sunardi.

Meski demikian musibah banjir yang terjadi di Desa Candirejo , Semanu Gunung kidul bukan karena luapan aliran sungai.

“Ini bukan luapan sungai, lebih karena debit air hujan yang sangat banyak, hujan selama dua hari satu malam. Intinya, curah hujan yg sangat tinggi, hingga akhirnya terjadilah musibah ini,” terang relawan BMH, Wanto.

Kepedulian Anda untuk saudara kita yang mendapat musibah sangatlah berarti. Silakan salurkan kepedulian Anda melalui BMH terdekat di kota Anda.*/Herim

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *