Gempa dan Tsunami di Palu dan Donggala, Relawan Bergegas ke Lokasi

Tim Relawan BMH dan SAR Hidayatullah Sulut sedang persiapan di Bolaang Mongondow menuju Palu melalui jalur darat (28/9)

Gempa dan Tsunami meluluhlantakkan Donggala-Sulawesi Tengah, sesaat sebelum Adzan Maghrib berkumandang (28/9).

Guncangan bermagnitudo 7,7 SR itu dirasakan sekujur pulau Sulawesi. Bahkan juga oleh beberapa daerah di luar Sulawesi.

Terhadap kejadian tersebut, respon cepat dilakukan oleh Laznas BMH. Dalam hal ini, relawan BMH dan SAR Hidayatullah telah bergerak dari arah Manado dan Gorontalo menuju titik lokasi terdekat.

“Insya Allah menyusul tim relawan Peduli Bencana Hidayatullah Sulbar yang jg akan bergerak dari Mamuju, pagi ini (29/9),” terang Koordinator Lapangan BMH Syamsuddin.

Gempa bumi dan Tsunami telah membuat warga Donggala, Palu, dan beberapa wilayah di Sulawesi Tengah lainnya mengalami kerusakan.

“Beberapa rumah warga, infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah Kabupaten Pasangkayu, Kabupaten Mamuju Tengah dan Tarailu-Mamuju juga terdampak,” imbuh Syamsuddin.

Kala kejadian tidak sedikit warga yang panik dan lari membawa serta keluarganya menuju dataran tinggi yg mudah dijangkau.

“Saya pun, sempat berlari keluar dari rumah bersama Keysa dan umminya. Dari kejauhan memandang cemas tiang listrik dan pepohonan di dekat rumah yang meliuk keras selama beberapa saat,” tutur Syamsuddin.

“Kepada kaum Muslimin, mohon doakan saudara kita yg tengah dirundung duka di titik-titik terdampak. Doakan para relawan BMH yang memilih menerabas jalan penuh resiko di sana. Dan mohon doakan semuanya segera pulih dan membaik,” ucapnya.

Laznas BMH direncanakan hari ini mengirimkan dua relawan ke Palu. “Insya Allah BMH akan segera turut serta, membntu saudara kita di Palu dan Donggala,” jelas Direktur Program dan Pendayagunaan Laznas BMH Pusat, Dede Heri Bachtiar.*/Syamelen

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *