Gelar Training Dai dan Daiyah se Kalimantan Utara

Guna meningkatkan semangat dan kiprah dai di dalam berdakwah di wilayah Kalimantan Utara, Laznas BMH bekerjasaama dengan DPW Hidayatullah Kalimantan Utara menggelar Training Dai dan Daiyah yang diikuti oleh 75 orang yang tersebar di Kalimantan Utara.

“Alhamdulillah, BMH kembali hadir memberikan dukungan atas diselenggaranya peningkatan kapasitas dan kapabilitas dai dan daiyah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dalam gelaran training dai dan daiyah yang diikuti oleh 40 dai dan 35 daiyah dari beberapa daerah di Kalimantan Utara, seperti Bulungan, Tarakan, Tana Tidung, Nunukan, dan Malinau,” terang Kadiv Program dan Pemberdayaan BMH Perwakilan Kalimantan Utara, M. Nor Komara (14/10).

Selama empat hari (14-17 Oktober 2021) seluruh dai dan daiyah mendapatkan pemantapan materi tentang bagaimana berdakwah yang lembut, mengajak dengan bijak dan menghindari perpecahan di tengah umat.

“Dai itu mengajak dengan bijak, menyeru dengan hati dan mengajar dengan keteladanan. Kami mengapresiasi atas kinerja para dai selama ini yang telah memberikan dampak positif kepada masyarakat Kalimantan Utara,” terang H.Haerumuddin, S.H, M.AP Asisten III Prov. Kaltara saat membuka acara pembukaan mewakili Gubernur Kaltara sekaligus peletakan batu pertama Pembangunan Gedung Dakwah Hidayatullah Kaltara.

Acara yang berlangsung di Pesantren Hidayatullah Bulungan di Jl. Jelarai Raya RT.36 Jelarai Selor, Tanjung Selor, Bulungan Kalimantan Utara, sangat berarti bagi para dai dan daiyah di Kalimantan Utara.

“Alhamdulillah kegiatan ini sangat bermanfaat dan berarti sebagai bekal bagi para dai dan daiyah, sebagaimana konsep Hidayatullah dai adalah pelayan umat yang mencerahkan dan mencerdaskan, sehingga ini menjadi keharusan bagi seorang dai agar lebih memahami maksud dan tujuan dia sebagai seorang dai,” ungkap Ust. Endi Haryono ketua DPW Hidayatullah Kalimantan Utara.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini semakin menambah Ilmu serta pengalaman kami, dan kami bersyukur menjadi bagian dari peserta semoga kegiatan ini menjadi sebuah pembinaan yang berkelanjutan,” tutur Ustadz Fauzan dai yang bertugas di Kabupaten Tana Tidung.*/Herim

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *