Gelar Pelatihan Parenting di Banjarnegara

Satu kebutuhan mendasar banyak orangtua saat ini adalah bagaimana dapat mengasuh anak dan mendidik dengan baik. Hal itulah yang menjadikan BMH juga konsen menyasar bidang ini sebagai wadah dakwah dan pendidikan di tengah-tengah masyarakat.

“Alhamdulillah hari ini sinergi bersama PAUD dan SD Integral Hidayatullah, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, BMH gelar Pelatihan Parenting yang mengangkat tema “Membangun Karakter anak dengan Penanaman Adab,” terang Kadiv Program dan Pemberdayaan BMH Perwakilan Jawa Tengah, Yusran Yauma.

Kegiatan yang berlangsung di Rejasaa Room, Hotel Surya Yudha, Banjarnegara itu menghadirkan narasumber sosok dai yang telah malang-melintang mencerahkan masyarakat di berbagai daerah di Tanah Air, yakni Ustadz Akib Junaid.

“Untuk mewujudkan anak yang akan menjadikan kebahagiaan di dunia dan keselamatan di akhirat, ada tiga poin yang harus dihadirkan dalam kehidupan keseharian yakni keluarga, sekolah dan masyarakat. Sinergi ketiga hal diatas dalam proses pendidikan anak banyak mempengaruhi tumbuh kembang anak, khususnya di usia dini,” urainya.

Sementara itu, pihak penyelenggara, menjelaskan bahwa pelatihan ini diharapkan memberikan ruang kesadaran orangtua bagaimana menumbuhkembangkan potensi anak.

“Kegagalan anak bukan semata kesalahan anak dalam menempa diri, ada peran besar orang tua dalam menumbuhkembangkan potensi mereka. Olehnya itu, pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada orangtua yang buah hatinya masih dalam usia emas pertumbuhan,” jelas Ketua Panitia, Ustadz Imam Suja’i, Ahad (21/2).

Seperti harapan itu, para orangtua pun menyadari akan hal tersebut. Salah satu orangtua yang hadir dalam kesempatan itu berharap materi-materi parenting seperti ini meski banyak dihadirkan dalam proses menemani orangtua dalam mengasuh anak-anak.

“Alhamdulillah, materi yang disampaikan mengedukasi kami para orangtua. Khususnya saya agar lebih banyak beristighfar dan memperbaiki diri dalam pola mengasuh anak,” tutur Bapak Rosihun Anwar.

Di akhir materi Ustadz Akib memberikan bekal kepada orangtua agar tetap optimis menjaga amanah Allah dengan 1 (satu) langkah, 3 komitmen.

“Jika kita sungguh-sungguh menjalankan 1 (satu) langkah ini, insyaallah akan dimudahkan untuk membersamai putra-putri tercinta dalam tumbuh kembang mereka, satu langkah tersebut adalah Taubat. Taubat yang dibarengi dengan 3 komitmen mengamalkan taubat tersebut yakni perbanyak Istighfar, menyesali dengan tidak bangga atas kesalahan yang pernah dibuat dan bertekad untuk tidak mengulanginya,” pungkas beliau.*/Herim

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *