Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes Apresiasi BMH

Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, dr. Anung Sugihantono, M. Kes mengapresiasi program-program BMH.

“Apa yang telah dilakukan oleh BMH terutama di Hari Gizi Nasional pekan lalu sangat positif, tentu Dirjen Kesmas sangat mengapresiasi apa yang telah dupayakan oleh BMH,” ucapnya di Gedung Kemenkes RI di Jl. H.R. Rasuna Said Blok X-5 Kavling 4-9 Jakarta (2/2/2018) dalam silaturrahim dengan Tim BMH Pusat.

Terlebih menurutnya, persoalan yang ada di masyarakat saat ini masih besarnya indikasi fenomena pola hidup tidak sehat.

Berdasarkan data Riskesdas 2007 & Riskesdas 2013 ada sejumlah faktor risiko perilaku kesehatan yang terjadi, yakni kurang aktivitas fisik (26,1%) perilaku merokok penduduk sejak usia dini (36,3%) penduduk > 10 tahun kurang konsumsi buah dan sayur (93,5%), penduduk > 10 tahun minum minuman beralkohol (4,6%).

“Belum soal pola makan buruk, asupan gizi tidak seimbang, kurang aktivitas fisik, kebiasaan merokok, dan lain-lain, telah melekat pada sebagian besar keseharian masyarakat kita,” tegasnya.

Untuk itu, dr. Anung sangat bersyukur berteum BMH. Ia berharap ke depan Kemenkes, dalam hal ini Dirjen Kesmas dapat berkolaborasi dengan BMH untuk program-program gizi kesehatan masyarakat.

“Sangat baik jika lembaga-lembaga sejenis BMH dapat melakukan sosialisasi dan terua ikut andil mendukung pemerintah. Kemenkes sangat terbuka kepada semua pihak untuk bersinergi dalam bebrbagai kegiatan secara inklusif,” ucapnya.

Lebih jauh Dirjen Kesmas menyampaikan bahwa saat ini tangannya bagaimana ada program yang berkelanjutan.

“Sekarang yang dibutuhkan adalah program-program yang punya effect suistain berkelanjutan. Jadi tidak hanya jangka pendek dengan hanya kegiatan insidental dan event saja, namun sudah semestinya bagaimana melakukan penggulangan secara berkala melalui sosialisasi dan edukasi gizi dan pola hidup sehat. Ini penting karena¬†untuk jangka panjang dan mempersipakan generasi yang sesuai harapan ke depannya,” pungkasnya.*/Herim

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *