Dirgahayu RI ke 76 BMH Gelar Live IG Kemerdekaan dan Pendidikan Anak Kita

Kemerdekaan Indonesia akan memasuki tahun ke 76 pada 17 Agustus 2021. Sebagai lembaga yang menjadi mitra umat BMH hadir memeriahkan perayaan kemerdekaan ini dengan menyajikan Live IG bersama pakar parenting Tanah Air, Ustadz Mohamad Fauzil Adhim (13/8).

Dikatakan oleh penulis buku Segenggam Iman Anak Kita itu bahwa bangsa yang merdeka bukan berarti selamanya akan merdeka.

“Kata sekali merdeka tetap merdeka itu, kan, jargon. Apakah gak baik? (tentu) baik-baik saja. Tetapi kalau kemudian pikiran, tindakan dan perilaku kita tidak menunjukkan bukti kemerdekaan berarti masih terjajah. Ini yang perlu kita periksa, nanti baru kita bisa maknai lebih lanjut,” jelasnya.

Di sini tantangan dapat terlihat dengan nyata, kala orangtua, guru, pengelola sekolah justru tidak sadar sedang dijajah.

“Ini yang perlu kita periksa, apakah kita ini sedang terjajah, dalam pikiran kita, keyakinan kita, kehormatan kita, yang akan berpengaruh di dalam mendidik anak-anak kita. Maupun kala kita merumuskan, merancang kurikulum di dalam sekolah-sekolah kita,” urainya.

Jadi semua harus dilakukan pemeriksaan lebih dalam baru kemudian bisa melakukan sebuah upaya konkret melakukan tindakan berdasarkan rumusan yang telah disiapkan sedemikian rupa.

Sebab pada dasarnya, kata penulis tetap di Majalah Hidayatullah itu, Belanda menjajah Indonesia pun itu tidak tiba-tiba.

Dikatakan Ustadz Fauzil butuh waktu 10 tahun bagi Belanda memahami Indoesia dengan membaca segenap karya dan potensi alam bangsa ini, baru kemudian melangkah pada tahap berikutnya, melakukan penjajahan.

Oleh karena itu, dalam hal mendidik anak pun, para orangtua, guru dan pengelola sekolah harus melihat hal-hal dasar yang penting dibangun, sehingga generasi bangsa ke depan menjadi generasi yang merdeka, yang membawa negeri ini berdaulat dan berwibawa, tidak tebak-tebakan dalam memaknai kemerdekaan dan mudah kagum dengan apapun yang datang dari luar sehingga lupa akan jati dirinya.*/Herim

Bagikan artikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *